MATERI KELAS 3: TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha
MATERI KELAS III
TEMA 5: CUACA
SUBTEMA 1: KEADAAN CUACA
PEMBELAJARAN: 1


Assalamualaikum adek-adek. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti.luar biasa bukan? Tetap semangat ya belajarnya hari ini. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih diberikan kesehatan ya, sehingga hari ini kita bisa belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 1. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari adalah bahasa Indonesia, matematika, dan SBdP.

TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

l. Apa yang dimaksud dengan cuaca?
Jawab: Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu.

2. Ada berapakah jenis cuaca yang ada di Indonesia?
Jawab: Cuaca yang ada di Indonesia ada 4, yaitu berawan, mendung, hujan, dan cerah.

3. Apakah cuaca mempengaruhi kegiatan manusia?
Jawab: iya

4. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan manusia!
Jawab: Contoh bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan manusia adalah pada saat cuaca cerah maka petani akan menjemur padinya, jika cuaca hujan petani tidak akan menjemur padinya.

5. Apa saja simbol-simbol jenis cuaca?
Jawab: Simbol-simbol cuaca:

Malam hari cerah

Hujan

Mendung


Cerah

Berawan


MENGENAL PECAHAN SEDERHANA:


Hmmm, saat cuaca hujan paling enak makan kue hangat ya adek-adek. Bayangkan saat hujan turun ibu kalian membawa 1 kue. Kue tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar. Setiap potongan nilainya satu per dua atau seperdua. 

Kita coba bayangkan lagi ya, saat hujan turun ibu kalian membawa 1 kue. Kue tersebut dibagi menjadi 4 bagian yang sama. Setiap potongan kue nilainya satu per empat atau seperempat.

Nah, kata setengah dan satu perempat itulah yang disebut dengan pecahan.

Contoh:




AYO KITA MENYANYI


Wahh, saat malam hari dengan cuaca mendung atau hujan, bulan jadi tak tampak ya adek-adek. Sedih ya rasanya tidak bisa melihat bulan saat mendung. Jangan bersedih ya, ayo kita nyanyikan lagu berjudul AMBILKAN BULAN BU. Ingat ya saat menyanyi kita harus menyanyikan dengan irama yang tepat. Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama yang cepat, ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama yang sedang, ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama lambat. Apa sih yang dimaksud dengan tempo? Tempo adalah cepat lambatnya lagu. 

LIRIK LAGU AMBILKAN BULAN BU.


Alhamdulillah materi kelas 3 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 telah usai. Kalian sangat luar biasa. Kita lanjutkan materi selanjutnya di postingan selanjutnya ya yaitu tema 5 subtema 1 pembelajaran 2. Terima kasih adek-adek kita sudah belajar bersama. Tetap semangat ya belajarnya. Wassalamualaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on MATERI KELAS 3: TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *