RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 1 - Assalamualaikum Sahabat Shepty Iecha Blog! Pada postingan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 1. Muatan pelajaran yang terkandung adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP. Materi pelajaran untuk Bahasa Indonesia adalah tentang Kalimat Saran, materi pelajaran matematika yaitu tentang operasi hitung penjumlahan dan materi SBdP yaitu Pola Irama Lagu Sederhana. 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 1 :

Bahasa Indonesia

Kalimat Saran

Kalimat saran adalah kalimat yang berisi tentang penyelesaian masalah. Masalah adalah sesuatu yang tidak diharapkan. Contoh masalah seperti Yhuka tidur terlalu malam sehingga ia bangun kesiangan, karena bangun kesiangan maka Yhuka terlambat datang ke sekolah. Itu merupakan contoh masalah, karena Yhuka tidak berharap datang terlambat ke sekolah. Apa yang akan kamu katakan kepada Yhuka agar ia tidak datang terlambat ke sekolah? Kalian bisa mengatakan "sebaiknya, Yhuka tidak tidur terlalu malam agar tidak terlambat datang ke sekolah". Nah, yang kalian katakan tadi adalah contoh dari kalimat saran. 

Kalimat saran biasanya terdapat kata "sebaiknya", "seharusnya", atau "lebih baik". Contoh kalimat saran:

1. Sebaiknya kamu pulang, karena hujan akan turun dengan lebat. 

2. Seharusnya kamu belajar agar nilai ulanganmu bagus. 

3. Lebih baik Yhuka tidak tidur terlalu malam, sehingga keesokan harinya ia tidak bangun kesiangan. 

Di atas merupakan beberapa contoh kalimat saran. Agar kalian lebih memahami tentang kalimat saran, kalian baca teks di bawah ini, kemudian tulis mana yang menunjukkan kalimat saran. 

Bacalah teks di bawah ini dengan teliti! 



















Dari teks "Kasih Sayang di Rumah", ada beberapa kalimat saran yaitu:

1. Setiap orang harus melaksanakan kewajiban. 
2. Sebagai seorang anak, kamu harus menyayangi orangtuamu. 
3. Kamu juga harus berterima kasih kepada orangtuamu. 
4. Kamu harus mendoakan mereka setiap hari. 
5. Kamu harus bersyukur karena orangtuamu menyayangimu. 
6. Jadi, setiap orang harus menjalankan kewajibannya. 

Matematika
Operasi Hitung Penjumlahan

Pada kalender jumlah hari dalam setahun adalah 365 hari. Yhuka menggunakan waktunya untuk belajar di sekolah, dan jika libur Yhuka menggunakan waktunya bersama keluarga. Tuliskan 5 kemungkinan Yhuka belajar di sekolah dan libur bersama keluarga. 

Jumlah hari 365
Jumlah hari belajar di sekolah + jumlah hari libur
300 + 65
200 + 165
100 + 265
330 + 35
250 + 105

Intinya jumlah hari belajar di sekolah jika dijumlahkan dengan jumlah hari libur hasilnya adalah 365.

SBdP

Pola Irama Lagu 

Pola irama adalah panjang pendeknya lagu. Pola irama dapat dihitung dengan menggunakan ketukan. Birama adalah kuat lemahnya bunyi pada lagu. Contoh tanda birama 3/4, artinya setiap birama terdiri dari 3 ketukan. 

Coba nyanyikan lagu "Jika Ibuku Tua Nanti" dan catat lirik lagunya ya. 


Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 1. Nantikan postingan selanjutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 2. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Terima kasih. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *