RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha
Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 2 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Pada postingan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 tema 4 subtema 1 pembelajaran 2. Namun sebelum itu, silahkan pelajari rangkuman materi kelas 3 tema 4 (kewajiban dan hakku) subtema 1 (kewajiban dan hakku di rumah) pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang terdapat pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 ini adalah PPKn, Bahasa Indonesia dan PJOK. Materi pelajaran PPKn yaitu hak dan kewajiban, sedangkan materi pelajaran Bahasa Indonesia adalah membuat kalimat saran dan materi PJOK yaitu tentang bentuk-bentuk istirahat siang.


RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 2:

PPKn

Kewajiban dan Hak terhadap Pakaian

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Sedangkan hak adalah sesuatu yang kita terima. 
Dalam berpakaian, kita mempunyai kewajiban dan hak. Kewajiban kita terhadap pakaian harus dilakukan agar kita bisa menerima hak kita dari pakaian.

Kewajiban kita terhadap pakaian yang kita miliki antara lain:
1. Merawat pakaian dengan baik.
2. Mengenakan pakaian dengan hati-hati.
3. Menjaga pakaian agar tidak rusak.
4. Mengenakan pakaian sesuai dengan kebutuhan.
5. Memakai pakaian yang sopan.
6. Mencuci baju.
7. Menyetrika baju.
8. Menjemur pakaian yang basah.

Hak kita setelah melaksanakan kewajiban terhadap pakaian antara lain:

1. Pakaian membuat tubuh merasa nyaman.
2. Pakaian melindungi tubuh dari udara panas dan udara dingin.
3. Pakaian melindungi diri kita dari angin dan hujan.
4. Pakaian melindungi tubuh kita dari gigitan serangga.

Bahasa Indonesia

Membuat Kalimat Saran

Pada materi kelas 3 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 kita telah belajar tentang kalimat saran. Jika kalian masih belum memahaminya kalian bisa belajar lagi di rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 ya. 

Ingat, dalam membuat kalimat saran ada beberapa kata yang harus diingat. Kata apa saja itu? Kata-kata tersebut seperti "sebaiknya", "lebih baik" dan "seharusnya". Yuk kita coba membuat kalimat saran sesuai dengan masalah yang disajikan di bawah ini.

Masalah: Yhuka mengendarai sepeda dengan kecepatan tinggi, sehingga ia terjatuh.
Kalimat saran: Sebaiknya, Yhuka berhati-hati saat bersepeda agar tidak terjatuh.

Masalah: Pakaian Septi terlihat kusut saat pergi ke sekolah.
Kalimat saran: Seharusnya, Septi menyetrika bajunya sebelum berangkat ke sekolah.

Masalah: Yusuf dimarahi Pak guru karena tidak mengerjakan PR.
Kalimat saran: Seharusnya, Yusuf mengerjakan PR di rumah agar tidak dimarahi pak guru.

PJOK

Bentuk-Bentuk Istirahat Siang

Istirahat siang harus dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Beristirahat siang merupakan hak dari setiap anggota keluarga. Istirahat siang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bentuk-bentuk istirahat siang antara lain:

1. Tidur siang

Tidur siang mempunyai banyak manfaat. Tidur siang dapat menghilangkan rasa lelah serta menyehatkan badan. Setelah tidur siang, tubuh akan kembali segar dan membuat semangat untuk beraktivitas. 

2. Bersantai

Istirahat siang juga bisa dilakukan dengan bersantai. Bersantai misalnya menonton televisi, mendengarkan musik, membaca komik, menggambar dll. Intinya kegiatannya membuat tubuh kita menjadi segar dan menghibur. 

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 2. Nantikan postingan selanjutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 3. Selamat belajar teman-teman. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube "Shepty IeCha" dan follow IG "shepty_iecha". Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *