RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 1 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PANGAN) PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

 Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana nih kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini masih diberikan kesehatan sehingga masih bisa membagikan rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 3. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 3. Kalian dapat juga belajar materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari antara lain Bahasa Indonesia, SBdP dan Matematika. Materi untuk Bahasa Indonesia yaitu tentang menyusun ringkasan dari kalimat utama, materi untuk SBdP yaitu tentang membedakan pola irama pada suatu lagu, dan materi pelajaran untuk matematika yaitu mengukur luas permukaan bidang dengan alat ukur satuan tak baku.


Materi Bahasa Indonesia: Menyusun Ringkasan dari Kalimat Utama

Membuat ringkasan merupakan kegiatan yang tidak sulit. Untuk membuat ringkasan maka kita harus melakukan kegiatan membaca. Dengan membaca kita akan mendapatkan informasi. Informasi dalam bacaan dapat ditemukan dengan cara kita mencari ide pokok. Ide pokok dalam sebuah paragraf biasanya terdapat pada kalimat utama. Nah, kumpulan kalimat utama ini dapat kita susun sehingga terbentuk menjadi sebuah ringkasan. Perhatikan contoh teks di bawah ini!


Buatlah ringkasan dari teks "Hasil teknologi Pangan"!
Jawab:
Manusia butuh makanan terus menerus. Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan janis makanan baru.


Materi SBdP: Membedakan Pola Irama Suatu Lagu

Pada pertemuan sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 1, kalian telah belajar pola irama pada lagu "ROTIKU". Pada kesempatan kali ini kita akan belajar lagu "TUKANG SAYUR". Lagu tukang sayur ini diciptakan oleh A.T. Mahmud. Lirik lagu TUKANG SAYUR sebagai berikut.

TUKANG SAYUR

Di depan rumah kami setiap pagi
Lewat tukang sayur langganan ibu
Sayur sayur sayur sayur
Demikian seru bang tukang sayur
Dari rumah ke rumah tak kenal lelah
Dijualnya sayur dengan ramahnya
Sayur sayur sayur sayur
Demikian seru bang tukang sayur


Materi Matematika: Mengukur Luas Permukaan Bidang dengan Alat Ukur Tidak Baku

Persegi dan segitiga dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menghitung luas suatu bidang.


Kita coba contoh soal di bawah ini ya. Kita hitung luas permukaan bidang dengan urutan menyamping ya.

1. Luasnya adalah 5 satuan persegi
2. Luasnya adalah 5 satuan persegi
3. Luasnya adalah 6 satuan persegi
4. Luasnya adalah 5 satuan persegi
5. Luasnya adalah 4 satuan persegi
6. Luasnya adalah 7 satuan persegi


Demikianlah rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 3. Jangan lupa nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 4. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA", like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA", dan follow IG "shepty_iecha". Terima kasih. Semangat belajar. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 1 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PANGAN) PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *