RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 1 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PANGAN) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini telah diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 7 (Perkembangan Tekonologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 1. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 7 (Perkembangan Tekonologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 1. Jangan lupa untuk melihat pembelajaran sebelumnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 4 (Penghematan Energi) Pembelajaran 6. Pada rangkuman materi kelas 3 tema 7 (Perkembangan Tekonologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 1, muatan pelajaran yang akan kita pelajari antara lain SBdP, Bahasa Indonesia, dan matematika. Materi pelajaran SBdP yaitu tentang Pola Irama Suatu Lagu, materi pelajaran bahasa Indonesia yaitu tentang menemukan ide pokok dalam bacaan, sedangkan materi matematika yaitu tentang Luas Permukaan Suatu Bidang.

Materi SBdP: Pola Irama Suatu Lagu

Pernahkah kalian mendengar "pola irama"? Apa sih yang dimaksud dengan pola irama? Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar pola irama lagu "Rotiku". Pernahkah kalian mendengar lagu "ROTIKU"? Lagu ROTIKU ini diciptakan oleh AT. Mahmud. Lagu ROTIKU memiliki pola irama lagu yang berbeda. Yuk kita pelajari lagu ROTIKU bersama-sama ya. Sebelumnya kalian tulis terlebih dahulu lirik lagu "ROTIKU" di bawah ini.

Lirik Lagu ROTIKU:

ROTIKU

Rotiku persegi empat
Kulitnya berwarna coklat
Kututup rapat-rapat
Supaya jangan dimakan lalat


Materi Bahasa Indonesia: Menemukan Ide Pokok dalam Bacaan

Ide pokok disebut juga dengan pokok pikiran. Apa yang dimaksud dengan ide pokok? Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Biasanya ide pokok terletak pada kalimat utama. Kalimat utama dalam paragraf biasanya terdapat pada awal, akhir atau di awal dan di akhir paragraf. Bagaimanakah cara menentukan ide pokok? Untuk menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan:
1. Membaca teks dengan cermat.
2. Mencari kalimat utama dalam setiap paragraf.
3. Menemukan kalimat utama.
4. Menentukan ide pokok dari kalimat  utama yang ditemukan tersebut.

Materi Matematika: Luas Permukaan Suatu Bidang

Apa yang dimaksud dengan bidang? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Bidang adalah permukaan (yang) rata dan tentu batasnya. Luas suatu tempat dinyatakan dengan banyak satuan persegi yang menutup tempat tersebut tanpa celah. Banyak satuan persegi yang menutup tanpa celah pada suatu tempat menyatakan luas tempat tersebut. Agar kalian lebih memahami dalam menghitung suatu bidang kalian bisa mempelajari contoh soal di bawah ini.

Hitunglah luas dari setiap gambar di bawah ini!



Luas bidang A adalah 7 satuan
Luas bidang B adalah 10 satuan
Luas bidang C adalah 6 satuan
Luas bidang D adalah 7 satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang C
Luas yang paling besar adalah bidang B
Bidang A dan D memiliki luas yang sama pada gambar.


Demikian rangkuman materi kelas 3 tema 7 (Perkembangan Tekonologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 1. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 7 (Perkembangan Tekonologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Pangan) Pembelajaran 2. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA", like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Terima Kasih. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 1 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PANGAN) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *