RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) pembelajaran 1. Bagi kalian yang belum mempunyai buku kurikulum 2013 tema 6 bisa download melalui link DI SINI. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Muatan pelajaran pada materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) pembelajaran 1 yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Materi Bahasa Indonesia yaitu menggali informasi dari bacaan, materi matematika yaitu mengenal satuan waktu tidak baku, dan materi SBdP yaitu pola irama pada lagu.

Menggali Informasi dari Bacaan tentang Sumber Energi:

Setiap bacaan pasti terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang memiliki suatu gagasan utama. Setiap paragraf yang terdapat dalam bacaan pasti mengandung informasi penting di dalamnya. Informasi penting tersebut dapat kalian temukan dengan cara membaca bacaan tersebut dengan cermat, selain itu kalian juga dapat menemukan informasi dalam bacaan dengan menjawab pertanyaan. 

Mengenal Satuan Waktu Tidak Baku:

Setiap kegiatan yang kita kerjakan pasti membutuhkan waktu. Ada kegiatan yang membutuhkan waktu yang lama, ada pula kegiatan yang membutuhkan waktu yang sebentar. Lama berarti membutuhkan waktu yang banyak, sedangkan sebentar berarti membutuhkan waktu yang sedikit. Contoh kegiatan yang membutuhkan waktu yang lama adalah memasak, mencuci, tidur, dll sedangkan contoh kegiatan yang membutuhkan waktu yang sebentar adalah mencuci tangan, menggosok gigi, dll. Lama dan sebentar merupakan contoh satuan waktu yang tidak baku. 

Pola Irama pada Lagu:

Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi pada lagu. Pola irama dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan adalah bunyi yang teratur. Pola irama dalam sebuah lagu dibuat bervariasi dengan tujuan agar lagu terdengar indah.


Lirik Lagu Matahari

MATAHARI

Cipt. Nurhasanah

Matahari bersinarlah terang
Burung-burung pun berkicau riang
Harum semerbak bunga berkembang
Tandanya hari mulai siang

Matahari sumber kehidupan
Sumber energi yang utama
Cahayanya bersinar terang
Pohon-pohon menari riang

Maha kuasa Tuhan yang Esa
Yang telah menurunkan rahmatnya
Tuhan pengasih Tuhan penyayang
Mari bersyukur kepadaNya

Matahari sumber kehidupan
Sumber energi yang utama
Cahayanya bersinar terang
Pohon-pohon menari riang

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahan nya) subtema 1 (Sumber Energi) pembelajaran 1. Nantikan postingan selanjutnya tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2. Oh ya, jangan lupa ya subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *