RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 2 (AKU ANAK MANDIRI) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 2 (AKU ANAK MANDIRI) PEMBELAJARAN 5 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada hari ini diberikan kesehatan sehingga dapat membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 5. Sebelumnya teman-teman harus pelajari terlebih dahulu rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 4 agar lebih mudah memahami materi ini. Tak lupa saya sampaikan Terima kasih kepada teman-teman karena telah mengunjungi blog sederhana ini. 

Dalam rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 (Praja Muda Karana) subtema 2 (Aku anak mandiri) pembelajaran 5 ini terdiri dari 3 muatan pelajaran yakni bahasa Indonesia, matematika dan PPKn. Materi pelajaran bahasa Indonesia yaitu tentang mengenal lambang pramuka, materi matematika yaitu tentang sifat-sifat bangun datar persegi panjang, dan materi pelajaran PPKn yaitu tentang sila ke tiga Pancasila. 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 2 (AKU ANAK MANDIRI) PEMBELAJARAN 5:

Bahasa Indonesia

Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.

Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di bawah ini!


Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?
Apa saja persamaan dan perbedaannya? 

Persamaan:
- Siti dan Lani sama-sama mempunyai tanda pelantikan yang terdapat pada kerah sebelah kiri. 
- Siti dan Lani sama-sama mempunyai lambang pandu pada kerah sebelah kanan. 
- Siti dan Lani sama-sama mempunyai tanda barung pada lengan sebelah kiri. 
- Siti dan Lani sama-sama mempunyai tanda kecakapan khusus pada lengan kanan bagian bawah. 

Perbedaan:
- Siti mempunyai papan nama dan tanda jabatan, sedangkan Lani tidak. 

Matematika

Sifat-sifat persegi panjang:

Perhatikan gambar di atas! Gambar di atas merupakan bangun datar persegi panjang. Mau tau sifat-sifat dari persegi panjang? Yuk simak jawabannya di sini ya! 

Sifat-sifat persegi panjang:

1. Mempunyai 4 sisi. 

2. Mempunya 4 sudut. 

3. Keempat sudutnya sama besar. 

4. Mempunyai 2 pasang sisi yang berhadapan sama panjang. 

PPKn

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke  empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia. 

Bagaimana mudah bukan mempelajari rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 5? Setelah kalian pelajari materinya, kalian dapat mencoba mengerjakan soal di kumpulan soal dan jawaban kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 5.

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 5. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 6. Jangan lupa untuk like, komen, share, subscribe dan follow akun media sosial di:

Youtube: Shepty IeCha
TikTok: sheptyiecha
IG: shepty_iecha
FP: Belajar Flanel dan Kerajinan by Shepty IeCha

Semoga postingan ini bermanfaat. Mohon maaf masih banyak kekurangan. Terima kasih. Wassalamualaikum. 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 2 (AKU ANAK MANDIRI) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *