RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 (SUMBER ENERGI)

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman. Bagaimana kabarnya? Pasti sehat walafiat ya. Alhamdulillah. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3: tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 2. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah menyempatkan diri untuk mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3: tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang terdapat pada rangkuman materi kelas 3: tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 2 antara lain Bahasa Indonesia, PPKn dan PJOK. Materi bahasa Indonesia yaitu Menyusun Informasi yang berkaitan dengan Sumber Energi, materi PPKn yaitu Kewajiban sebagai Anggota Keluarga dalam Upaya menghemat Air, dan materi PJOK yaitu tentang Kombinasi Gerak Berjalan, Menekuk, dan Mengayun.

Menyusun Informasi (tentang Sumber Energi)

Menyusun informasi dalam bacaan dapat kita lakukan dengan mengurutkan kalimat utama dalam setiap paragraf pada suatu bacaan. Jadi dalam menyusun informasi dalam bacaan kita ambil kalimat utamanya saja. Setelah kalian membaca suatu bacaan pasti kalian akan menemukan kata-kata penting di dalamnya. Kata-kata tersebut bisa kalian cari artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau kalian bisa langsung bertanya kepada gurumu. Namun, alangkah lebih baik jika kalian berusaha mencari arti kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terlebih dahulu, jika dalam KBBI tidak ditemukan arti kata yang kalian cari barulah kalian bisa bertanya kepada guru kalian. Kata-kata yang telah kalian temukan tadi bisa kita susun menjadi kalimat baru.

Kewajiban sebagai Anggota Keluarga dalam Upaya Menghemat Air:

Kewajiban adalah sesuatu yang HARUS kita kerjakan. Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air. Air merupakan salah satu sumber energi. Air biasanya kita gunakan untuk mandi, memasak, minum, menyiram bunga, mengepel, mencuci, dll. Agar jumlah air dapat terjaga maka kita perlu menghemat air. Ingat, menghemat air adalah KEWAJIBAN kita bersama. Menghemat air dapat dilakukan mulai dari lingkungan rumah. Manfaat menghemat air yaitu agar ketersediaan air tetap terjaga serta menghemat biaya. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menghemat air? Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menghemat air antara lain:
1. Mematikan kran air jika sesudah digunakan (sudah penuh)
2. Menyiram tanaman dengan menggunakan air bekas cucian.
3. Minum air harus dihabiskan, jangan sampai tersisa.
4. Mencuci kendaraan jika benar-benar kotor.

Kombinasi Gerak Berjalan, Menekuk, dan Mengayun

Tujuan kegiatan jasmani adalah untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebelum melakukan kegiatan jasmani lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak mudah cedera. Gerakan yang akan kita pelajari adalah kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun dengan menggunakan alat yang disebut dengan simpai. Langkah-langkah melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk dan mengayun antara lain:
1. Gerakan berjalan, diawali kaki kiri melangkah ke depan.
2. Tangan kanan mengayun ke depan dengan membawa simpai.
3. Kaki kanan melangkah ke depan.
4. Simpai diayunkan ke belakang seiring langkah berjalan.
5. Kedua kaki merapat


6. Kedua lutut ditekuk, simpai diayunkan ke atas.
7. Simpai diayunkan ke belakang, lutut diluruskan kembali.


Gerakan senam irama merupakan suatu rangkaian sehingga untuk melakukannya tanpa terputus-putus. 

Demikian postingan tentang rangkuman materi kelas 3: tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 2. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3: tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 3. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 (SUMBER ENERGI)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *