RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada hari ini masih diberikan kesempatan untuk berbagi rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 3. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 3. Jangan lupa untuk belajar materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang akan dipelajari adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu menemukan pokok-pokok informasi melalui teks bacaan, materi pelajaran untuk matematika yaitu menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu, sedangkan pelajaran untuk SBdP adalah Gerak kuat pada kaki dalam Tarian.

Menemukan Pokok-Pokok Informasi melalui Teks Bacaan

Mencari pokok-pokok informasi dalam teks bacaan adalah kegiatan yang sangat mudah. Untuk menemukan pokok-pokok informasi dalam bacaan kalian dapat mengambil kalimat utama pada tiap paragraf. Selain itu, kalian juga dapat menemukan pokok-pokok informasi melalui teks bacaan dengan menjawab pertanyaan yang terkait dengan 5W+1H. 

Menyelesaikan Permasalahan Sehari-hari berkaitan dengan Satuan Waktu

Satuan waktu digunakan untuk menyatakan lamanya suatu kegiatan. Untuk menghitung lamanya suatu kegiatan dapat dihitung dengan cara menghitung selang waktu antara kegiatan dimulai dan kegiatan berakhir. Contoh soal:

Rudi mulai bermain bola pukul 15.30. Pukul 16.15, Rudi selesai bermain bola. Berapa lama Rudi bermain bola?
Jawab:
- Rudi mulai bermain bola pukul 15.30
- Rudi selesai bermain bola pukul 16.15
Ingat rumus menghitung lama kegiatan = Waktu kegiatan selesai - waktu kegiatan dimulai

Lama kegiatan = 16.15 - 15.30 = 00.45

   16.15    => diambil 1 jam, dirubah menjadi satuan         15.75
   15.30          menit, 1 jam = 60 menit                                15.30     
                                                                                             00.45
Jadi, Rudi bermain bola selama 0 jam 45 menit, atau cukup ditulis selama 45 menit.

Gerak Kuat Kaki dalam Tarian

Kalian telah mempelajari gerak lemah kaki dalam tarian pada postingan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 1. Yuk sekarang kita belajar gerak kuat kaki dalam tarian dengan diiringi musik dengan tempo yang lebih cepat. Gerakannya dilakukan dengan penuh semangat dan percaya diri. Jika kalian lupa gerakannya, kalian bisa mempelajarinya lagi pada postingan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 1. Setelah kalian pelajari, praktikkan gerakan tariannya ya.

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 3. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (energi dan perubahannya) subtema 2 (perubahan energi) pembelajaran 4. Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *