RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 4

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamulaikum. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Ingat ya, kalian harus tetap berada di rumah, selalu jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 4. Tak lupa saya ucapkan Terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 4. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 3. Muatan pelajaran yang akan dipelajari adalah Matematika, PPKn dan PJOK. Materi pelajaran matematika yaitu tentang menentukan waktu mulai dan waktu selesai suatu kegiatan, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Menghargai Energi, dan materi pelajaran PJOK yaitu tentang Kombinasi Gerak Berjalan, Menekuk dan Mengayun. 

Menghargai Energi

Setiap orang menggunakan energinya untuk melakukan pekerjaan. Kita membutuhkan energi orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita. Misalnya kita membutuhkan energi dari petani untuk bisa makan nasi, kita membutuhkan energi dokter untuk bisa sembuh dari sakit, kita membutuhkan energi dari penjahit untuk bisa memakai pakaian, dll. Kita harus menghargai energi orang lain yang mengeluarkan energinya. Kita dapat menghargai energi yang dikeluarkan orang lain dengan cara:

1. Tidak merendahkan pekerjaan oranglain

2. Menghargai orang lain yang sedang bekerja

3. Mengucapkan Terima kasih kepada orang yang telah membantu kita

4. Membayar jasa atau barang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. 


Menentukan Waktu Mulai dan Waktu Selesai Suatu Kegiatan

Setiap kegiatan pasti memiliki waktu mulai dan waktu selesai. Selisih antara waktu selesai dan waktu mulai disebut dengan lamanya kegiatan. Contoh:

Pak Yusuf berangkat ke kantor pukul 07.00. Pak Yusuf sampai di kantor pukul 07.30. Berapa lama perjalanan yang ditempuh Pak Yusuf dari rumah ke kantor? 

Jawab:

Berangkat pukul 07.00. Sampai di kantor pukul 07.30. 

07.30 - 07.00 = 00.30

Jadi lama perjalanan yang ditempuh Pak Yusuf dari rumah ke kantor adalah 30 menit. 


Kombinasi Gerakan Berjalan, Menekuk dan Mengayun

Pada pertemuan sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 2, kita sudah belajar gerakan kombinasi gerakan berjalan, menekuk, dan mengayun dengan menggunakan bola. Pada pertemuan kali ini kalian belajar kombinasi gerak berjalan, menekuk dan mengayun dengan menggunakan lembing. Langkah-langkah kombinasi gerak berjalan, menekuk dan mengayun sama pada pertemuan rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 2, namun beda alatnya ya. 


Lakukan kombinasi gerakan berjalan, menekuk, dan mengayun dengan gerakan yang tepat. Jangan ragu saat melakukan gerakan tersebut. Kalau kita sering bergerak maka tubuh kita akan tetap sehat. 

Demikianlah rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 4. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3: tema 5 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5. Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum. 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 4

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *