RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada hari masih diberikan kesempatan untuk berbagi informasi tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 1. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 1. Pelajari juga rangkuman materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari hari ini adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP. Materi pelajaran untuk Bahasa Indonesia adalah Menemukan Pokok-pokok Informasi tentang Teks Perubahan Energi, materi pelajaran matematika yaitu Mengamati Lamanya Waktu Kejadian, dan materi pelajaran SBdP yaitu tentang Gerak Kuat dan Gerak Lemah Kaki pada Tarian.

Menemukan Pokok-Pokok Informasi tentang Teks Perubahan Energi:

Untuk bisa menemukan pokok-pokok informasi maka kalian harus membaca teks dengan cermat. Pokok-pokok informasi dapat kalian temukan pada setiap paragraf. Pokok informasi biasanya terdapat pada kalimat utama pada paragraf. Berikut ini contoh teks tentang perubahan energi yang diambil dari buku Siswa kelas 3 hal. 54-55.



Setelah kalian membaca teks tentang "Perubahan Energi" di atas, coba kalian jawab soal-soal di bawah ini agar kalian dapat menemukan informasi yang terdapat pada teks "Perubahan Energi" di atas!

1. Mengapa kompor ibu bisa menyala?
2. Tuliskan perubahan energi apa yang terjadi saat kompor menyala!
3. Tuliskan perubahan energi apa yang terjadi di dalam tubuh kita!
4. Apa manfaat energi bagi tubuh?
5. Apa yang terjadi jika tubuh kita berenergi?

Informasi pada teks "Perubahan Energi" dapat kalian temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Caranya jawab pertanyaan di atas kemudian tulis dalam bentuk paragraf dengan bahasa sendiri.

Gerak Kuat dan Gerak Lemah Kaki pada Tarian:

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar menari yang menekankan pada gerakan kaki. Gerakan kaki mengikuti tempo dari lagu O Ina Ni Keke. O Ina Ni Keke merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Utara. Tempo lagu pada lagu daerah O Ina Ni Keke adalah tempo lambat. Jadi gerakan kakinya lambat. Ada 3 gerakan kaki yang akan kita pelajari hari ini:

Gerakan pertama:
Tangan bertolak ke pinggang. Kaki kanan ke depan menyilang ke kiri. Tumit menyentuh lantai, ujung telapak kaki menghadap ke atas. Lakukan bergantian dengan kaki kiri menyilang ke kanan.


Gerakan kedua
Kaki kanan di buka ke samping. Kaki kiri merapat sambil menekuk lutut. Badan dicondongkan ke kanan. Kaki kiri digerakkan ke samping kiri. Kaki kanan merapat sambil menekuk lutut. Badan dicondongkan ke kiri. Kaki kanan digerakkan ke samping kiri. Kemudian kembali lagi ke posisi semula.


Gerakan ketiga
Kaki kanan digerakkan ke samping kanan sambil kedua lutut ditekuk, Badan ikut turun mengikuti gerakan lutut yang ditekuk. Saat lutut ditekuk kedua tangan diayunkan ke depan sampai batas dada. Setelah itu ganti arah gerakan ke kiri.


Untuk menari kita membutuhkan energi. Energi yang dibutuhkan tergantung pada kuat lemahnya tarian. Gerakan yang lemah tidak terlalu menguras energi. Tempo lagu mempengaruhi kuat lemahnya gerakan tari. Untuk melihat lirik lagu O Ina Ni Keke kalian bisa klik DI SINI

Mengamati Lamanya Waktu Kejadian:

Untuk mengamati lamanya waktu maka kita membutuhkan alat ukur waktu. Tahukan kalian apa saja alat ukur waktu? Alat ukur waktu antara lain jam, stopwatch, dll, namun kali ini kita akan menggunakan alat ukur berupa jam. Untuk menghitung lama waktu kejadian kita dapat menggunakan rumus:

WAKTU KEJADIAN = WAKTU SELESAI - WAKTU MULAI

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 1. Nantikan postingan selanjutnya tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 2. Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *