RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Alhamdulillah pada hari ini saya bisa membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5. Jangan lupa intip pula postingan sebelumnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 4. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu Menemukan Informasi dari Teks Penghematan Energi melalui Kata Penting, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Kewajiban dalam Penghematan Energi, dan materi pelajaran Matematika yaitu tentang Menentukan Lamanya Waktu Suatu Kegiatan.

Menemukan Informasi dari Teks Penghematan Energi melalui Kata Penting

Informasi dapat kita temukan dalam suatu teks. Kita dapat menemukan informasi dengan cara membaca memindai atau dengan menjawab pertanyaan terkait dengan teks. Membaca memindai adalah teknik membaca dengan tujuan menemukan informasi secara tepat. Saat melakukan membaca memindai kita harus mencari kata penting yang ada dalam teks. Jika kalian tidak memahari arti kata penting yang kalain temukan, kalian bisa bertanya kepada guru kalian atau kalian bisa mencarinya pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kewajiban dalam Menghemat Energi Listrik

Kewajiban adalah segala sesuatu yang HARUS dilakukan. Setelah melaksanakan kewajiban kita akan mendapatkan HAK. KEWAJIBAN dan HAK harus berjalan secara seimbang. Kita mempunyai kewajiban untuk menghemat energi salah satunya adalah energi listrik. Menghemat energi listrik harus dilakukan dimana saja (di rumah, sekolah, masyarakat, bahkan ditempat kerja). Menghemat energi listrik adalah tanggungjawab kita bersama. Contoh kewajiban menggunakan energi listrik di rumah antara lain:

1. Mematikan alat elektronik jika tidak digunakan.
2. Mematikan kran air jika tidak digunakan.
3. Mematikan lampu di siang hari.
4. Membuka jendela rumah agar cahaya bisa masuk ke dalam rumah.

Menentukan Lamanya Waktu Suatu Kegiatan

Lama dan besarnya energi listrik menentukan besar biaya yang harus dibayar. Yuk kita tentukan lama penggunaan alat-alat listrik di bawah ini ya.

1. Ketika pulang sekolah, Yhuka duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Yhuka melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Yhuka membaca lebih lama?

Jawab:
Pulang sekolah = 14.30 - 13.30 = 13.90 - 13.30 = 00.60 menit
Pulang mengaji = 17.30 - 17.00 = 00.30 menit
Jadi, Yhuka membaca lebih lama ketika pulang sekolah.

2. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Selanjutnya, ibu melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?

Jawab:
Mencuci = 07.15 - 06.30 = 06.75 - 06.30 = 00.45 menit
Menyetrika = 15.30 - 14.00 = 14.90 - 14.00 = 00.90 menit
Jadi, kegiatan yang lebih singkat adalag mencuci baju.

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 6. Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *