RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 3. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 3. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari dalam rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 3 antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tentang Menemukan Informasi Penting dalam Bacaan, materi pelajaran matematika yaitu Satuan Waktu, dan materi SBdP yaitu tentang menyanyikan lagu sesuai dengan Pola Irama dengan diiringi musik.


Menemukan Informasi Penting dalam Bacaan

Untuk dapat menemukan informasi penting dalam suatu bacaan maka kita harus membaca bacaan tersebut dengan cermat. Menemukan informasi penting dalam suatu bacaan juga bisa kita lakukan dengan menjawab pertanyaan yang mengandung 5W+1H. Informasi penting dalam suatu bacaan yang telah kita dapatkan dapat kita tulis dengan bahasa sendiri. Informasi penting yang telah kita tulis tadi dapat kita sampaikan baik secara lisan maupun tulisan. Dalam menyampaikan informasi penting kita harus menggunakan kalimat yang baik dan bahasa yang sopan.

Satuan Waktu

Ada banyak satuan waktu yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari satuan waktu yaitu tahun, bulan, minggu (pekan), hari, jam, menit, dan detik. Yuk kita catat hubungan antar satuan waktu tersebut!

1 tahun = 12 bulan
1 tahun = 365 hari (366 hari untuk tahun kabisat)
1 tahun = 52 minggu
1 bulan = 4 minggu
1 bulan = 30 hari
1 minggu = 7 hari
1 hari = 24 jam
1 jam = 60 menit
1 jam = 3600 detik
1 menit = 60 detik

Contoh soal:

1. 2 tahun = ... bulan
                 = 2 x 12 bulan (1 tahun = 12 bulan, maka dikalian dengan 12)
                 = 24 bulan

2. 5 minggu = ... hari
                    = 5 x 7 hari (1 minggu = 7 hari, maka dikalikan dengan 7)
                    = 35 hari

3. 8 minggu = ... bulan
                    = 8 : 4 bulan (1 bulan = 4 minggu, dibalik maka dibagi dengan 4)
                    = 2 bulan

4. 28 hari = ... minggu
                = 28 : 7 minggu (1 minggu = 7 hari, dibalik maka dibagi dengan 7)
                = 4 minggu


Menyanyikan Lagu sesuai Pola Irama dengan Diiringi Musik

Pola irama lagu dibuat bervariasi, tujuannya adalah agar enak didengar. Saat menyanyikan lagu kita dapat mengirinnya dengan menggunakan alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur tempo lagu. Berikut ini adalah contoh alat musik ritmis:


Kalian bisa menyanyikan lagu "MATAHARI" ciptaan NURHASANAH yang telah kita pelajari pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 dengan menggunakan alat musik ritmis. Rasakan keindahan lagu yang kalian mainkan.

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 3. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 4. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *