CARA MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN MUDAH

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

CARA MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN MUDAH - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat batik jumputan dengan mudah. Oh ya, membuat batik jumputan ini merupakan salah satu keterampilan yang akan dipelajari di kelas 5 SD ya, kalau gak salah pada tema 9. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Membuat batik jumputan merupakan salah satu kerajinan yang mudah untuk dilakukan. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa membuatnya secara mandiri tetapi untuk anak di bawah umur harus didampingi oleh orang dewasa ya. Motif dari batik jumputan sangat beragam. Motif batik jumputan tergantung pada bagaimana cara kita melipatnya. Yakinlah, bagaimanapun kita melipat kainnya PASTI hasilnya akan bagus. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak susah untuk dicari, apalagi zaman sekarang untuk mencari alat dan bahan kita bisa menggunakan marketplace yang sudah lengkap. Alat dan bahan yang dibutuhkan bisa kalian cek DI SINI ya! Untuk mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan kalian klik link mycollection.shop/sheptyiecha kemudian kalian cari "BATIK JUMPUTAN", nah disitu sudah tuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan beserta kisaran harga alat dan bahannya. Langsung saja ya kita lanjut bagaimana cara membuat batik jumputan dengan mudah.

CARA MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN MUDAH:

1. Rebus air sesuai dengan selera.
2. Tambahkan 2 sendok garam.
3. Tunggu hingga air benar-benar mendidih.
4. Masukkan pewarna pakaian ke dalam gelas, kemudian tuangkan air mendidih secukupnya. Jangan terlalu encer ya nanti warnanya tidak terlihat.


5. Siapkan selembar kain putih polos.
6. Lipat menjadi setengah bagian.
7. Lipat lagi ke arah kiri setengah bagian.
8. Putar 90 derajat.


9. Lipat dari pojok kanan bawah menuju garis tengah.
10. Lipat pula bagian kiri bawah menuju garis tengah.
11. Lipat lagi bagian pojok kanan menuju garis tengah.
12. Lipat pula bagian pojok kiri menuju garis tengah.


13. Lipat garis tengah sehingga membentuk bagian yang sama besar.
14. Ikat menggunakan karet sesuai dengan selera.
15. Beri warna pada kain yang telah diikat sesuai dengan selera.
16. Diamkah kain yang telah diberi warna selama kurang lebih 30 menit.


17. Buka semua karet, maka motif batik jumputan akan terlihat. Kemudian jemur hingga kering.

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara membuat batik jumputan? Bagi teman-teman yang merasa bingung jangan risau ya karena saya juga akan membagikan cara membuat batik jumputan dalam bentuk video. Teman-teman dapat menyaksikan tutorial membuat batik jumputan dengan mudah pada video di bawah ini ya!

VIDEO TUTORIAL CARA MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN MUDAH:


Demikianlah postingan tentang cara membuat batik jumputan dengan mudah. Nantikan postingan selanjutnya tetap tentang motig batik jumputan yang lainnya ya. Jangan lupa untuk like, komen, share, subscribe dan follow akun media sosial:


Semoga postingan ini bermanfaat ya. Terima kasih. Wassalamualaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on CARA MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN MUDAH

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *