RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 3 (AKU SUKA BERTUALANG) PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 3 (AKU SUKA BERTUALANG) PEMBELAJARAN 2 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini diberikan kesehatan sehingga dapat membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 2. Namun, sebelum mempelajari materi ini, diharapkan teman-teman mempelajari terlebih dahulu rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 1. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 ini terdiri dari tiga muatan pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, PPKn dan PJOK. Materi pelajaran bahasa Indonesia yaitu tentang mengenal rambu-rambu lalu lintas, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Bersatu dalam Keberagaman, sedangkan materi PJOK yaitu tentang 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 3 (AKU SUKA BERTUALANG) PEMBELAJARAN 2:

PPKn

Bersatu dalam Keberagaman

Indonesia memiliki keberagaman budaya. Meskipun berbeda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus kita syukuri. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan. Contoh sikap menerima dan menghormati perbedaan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1. Kita tetap berteman dengan teman yang berbeda agama.
2. Kita tetap berteman dengan teman yang berbeda suku bangsa.
3. Kita tetap berteman dengan teman meskipun memiliki perbedaan pendapat saat berdiskusi.

Bahasa Indonesia

Mengenal Rambu-Rambu Lalu Lintas

Arti rambu lalu lintas di atas adalah rawan longsor.

Arti rambu lalu lintas di atas adalah jalan licin.

Arti rambu lalu lintas di atas adalah jalan berkelok-kelok.

PJOK

Indonesia memiliki berbagai macam jenis permainan tradisional. Keanekaragaman permainan tradisional menambah kekayaan Indonesia. Salah satu permainan tradisional di Indonesia adalah galasin. Permainan ini banyak dimainkan di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki nama yang berbeda untuk permainan Galasin. Ada yang menyebut galasin. Ada pula yang menyebut gobak sodor dan gobag.

Cara bermain Galasin (Gobag Sodor):

1. Buatlah garis-garis penjagaan menggunakan kapur tulis.  Garis membentuk lapangan segi
empat. Lapangan tersebut dibagi menjadi 6 bagian.
2. Buatlah garis di tengah lapangan. Garis ini sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
3. Buatlah dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 3 sampai 5 pemain. 
4. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim lainnya akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim dapat dilakukan dengan pengundian.
5. Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Tempat yang dijaga adalah
garis horisontal.  Kapten tim akan menjaga garis batas vertikal.
6. Penjaga garis horisontal berusaha untuk menghalangi lawan. Penjaga garis horisontal dapat bergerak ke kanan dan ke kiri. 
7. Tugas penjaga  garis vertikal bertugas menjaga keseluruhan garis batas vertikal. Garis vertikal merupakan garis yang terletak di tengah lapangan. penjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya.
8. Tim pemain harus berusaha melewati seluruh garis batas horisontal. Dari batas horisontal paling depan hingga baris paling belakang. Mereka juga harus kembali ke tempat semula. Mereka harus dapat melewati penjaga tanpa tersentuh.

Permainan ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Perlu kelincahan agar dapat melewati para penjaga. Untuk memenangkan permainan ini sangatlah sulit. Perlu kerja sama yang baik antar pemain. Kerja sama yang baik akan membantu keberhasilan dalam memenangkan permainan. Saling memberi pendapat dalam permainan merupakan bagian dari kerja sama. Saling menghargai dalam permainan juga bagian dari kerja sama.

Menerima dan menghargai berbagai sifat teman merupakan sikap menerima perbedaan. Sikap tersebut sudah sesuai dengan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Bagi teman-teman yang menginginkan soft file rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 secara gratis dalam format pdf, teman-teman dapat men-downloadnya secara gratis pada tombol DOWNLOAD di bawah ini ya! 
Panduan download klik DI SINI! 

DOWNLOAD

Demikianlah postingan tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 2. Jangan lupa untuk mencoba mengerjakan latihan soalnya ya di kumpulan soal dan jawaban kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 2. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 3 pembelajaran 3. Jangan lupa untuk like, komen, share, subscribe dan follow akun media sosial:


Semoga bermanfaat. Mohon maaf masih banyak kekurangan. Terima kasih. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 3 (AKU SUKA BERTUALANG) PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *