RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha
Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 3 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Alhamdulillah pada postingan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 3. Jangan lupa untuk mempelajari materi sebelumnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari antara lain Bahasa Indonesia, matematika dan SBdP. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tentang menentukan masalah dan penyelesaian dari teks, materi matematika yaitu tentang membuat soal cerita tentang penjumlahan, dan materi SBdP yaitu tentang pola irama pada lagu.



RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 3:

Bahasa Indonesia

Menentukan Masalah dan Penyelesaian dalam Teks

Membaca merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi sehingga wawasan kita akan bertambah. Setelah membaca kita dapat mengukur pemahaman kita terhadap apa yang kita baca dengan cara menjawab pertanyaan. Kita dapat memahami apa yang kita baca dengan cara membaca secara berulang sampai kita memahami isi dari bacaan.

Kita dapat menentukan masalah dan penyelesaiannya dalam teks dengan cara membaca teks tersebut. Kita dapat membaca teks secara berulang sehingga kita lebih mudah memahami masalah dan cara penyelesaiannya. 

Yuk kita baca teks "Memiliki Tubuh Sehat" di bawah ini! Selanjutnya, tentukan masalah dan penyelesaian masalah dalam teks tersebut!




Masalah yang terjadi pada teks "Memiliki Tubuh Sehat" adalah tubuh anak yang mudah sakit.
Cara penyelesaian dari masalah tersebut adalah:
1. Makan makanan yang bergizi dan teratur.
2. Olahraga secara teratur.
3. Istirahat yang cukup.
4. Minum air putih.

Matematika

Membuat Soal Cerita tentang Penjumlahan

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat soal cerita. Membuat soal cerita dapat kita lakukan dengan cara membuat kalimat matematikanya terlebih dahulu. Setelah membuat kalimat matematika, kita bisa membuat soal cerita tentang penjumlahan. Contoh membuat soal cerita tentang penjumlahan:

Kalimat Matematika: 300 + 250 = 550
Soal Cerita:
    Yhuka membuat kue untuk merayakan ulang tahun adiknya. Yhuka membuat 300 kue. 2 jam kemudian ternyata undangannya bertambah 250 undangan sehingga Yhuka menambah 250 kue. Berapa kue yang harus dibuat untuk merayakan ulang tahun adiknya?
Jawab:
Kue pertama=300 kue; kue bertambah=250 kue
Jadi, jumlah kue yang harus dibuat oleh Yhuka adalah 300 + 250 = 550 kue.

SBdP

Pola Irama Lagu

Lagu "Jika Ibuku Tua Nanti" adalah lagu yang dipersembahkan untuk orangtua kita atas jasanya merawat kita dengan penuh kasih sayang. Kalian bisa menyanyikan lagu "Jika Ibuku Tua Nanti" sebagai ucapan terima kasih kepada orangtua. Yuk kita coba menyanyikan lagu "Jika ibuku Tua Nanti" ya.


Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) pembelajaran 3, nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) pembelajaran 4. Selamat belajar teman-teman. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube 'SHEPTY IECHA' dan follow IG "shepty_iecha". Terima Kasih. Wassalamuaikum.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *