CARA MEMBUAT KIPAS DARI KARTON || PELAJARAN SBDP KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Cara Membuat Kipas dari Karton || Pelajaran SBdP Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 - Assalamu'alaikum Sahabat Shepty Iecha Blog! Selain membuat kincir angin dari kertas, pelajaran SBdP kelas 3 tema 6 Subtema 4 yaitu membuat kipas dari karton. Membuat kipas merupakan aplikasi dari materi teknik lipat, potong dan tempel dalam materi SBdP Kelas 3 tema 6 Subtema 4.

Sebenarnya dalam membuat kipas dari karton untuk kelas 3 SD tema 6 Subtema 4 ini lebih baik jika memanfaatkan bahan yang ada. Jika tidak mempunyai karton bisa diganti dengan bahan yang lain. Jadi, tidak terpacu pada buku siswa ya. Kita diberikan kesempatan untuk merdeka belajar. 

Membuat kipas dari karton ini bahannya akan kita rombak dengan bahan yang mudah kita temukan, sehingga tidak membebani anak-anak dalam berkarya. Karya yang diciptakan pun bisa sesuai dengan kreatifitasnya sendiri. 

Alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kipas dari karton ini kita cari yang mudah dicari ya. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. Karton (bisa diganti dengan kertas buffalo) 

2. Stik es krim (bisa diganti dengan kardus) 

3. Pita

4. Pembolong kertas

5. Spidol

6. Lem

7. Gunting

CARA MEMBUAT KIPAS DARI KARTON MATERI SBDP KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4:

1. Buat persegi panjang pada buffalo dengan ukuran sesuai selera. 

2. Beri hiasan persegi panjang yang telah dibuat dengan menggunakan spidol. 

3. Lipat persegi panjang tersebut seperti kita membuat kipas dari kertas. 

4. Buat persegi panjang dari kardus bekas dengan ukuran seperti stik es krim. 

5. Tempelkan kertas buffalo yang telah berbentuk kipas pada kardus yang telah dipotong seperti stik es krim. 

6. Beri lubang pada tempelan kardus dan kertas buffalo (jarak sama) dengan menggunakan pembolong kertas. 

7. Masukkan pita satin pada bolongan yang telah dibuat, pada bagian ujung bawah kardus, ikat pita satin membentuk pita, sehingga kipas terlihat cantik. 

8. Kipas dari kertas karton pun siap untuk digunakan. 


Bagaimana teman-teman? Indah bukan kipasnya? Kalian jangan hanya terpacu pada bahan yang tertulis di buku ya, bahannya bisa diganti kok. Caranya lebih mudah dan hasilnya lebih indah. Jika teman-teman masih bingung dengan cara di atas, jangan khawatir ya karena saya juga akan membagikan dalam bentuk video tutorial. 

VIDEO TUTORIAL MEMBUAT KIPAS DARI KARTON:

Bagaimana teman-teman? Lebih mudah dipahami dalam bentuk video tutorial ya. Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah ya. Saya yakin hasil karya kalian pasti lebih bagus dari karya saya. Kreasikan sendiri ya. Kalian bisa menonton video tutorial lainnya di channel youtube saya ya. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Selamat mencoba. Semoga berhasil. Salam kreatif dari Shepty Iecha Blog! Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum. 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on CARA MEMBUAT KIPAS DARI KARTON || PELAJARAN SBDP KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *