RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 2 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat ya. Alhamdulillah pada hari ini diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk membagikan Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 2 (Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia) Pembelajaran 5. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Pada postingan kali ini kita akan membahas Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 2 (Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia) Pembelajaran 5. Namun sebelum itu teman-teman bisa mempelajari materi sebelumnya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 2 (Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia) Pembelajaran 4. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika.

RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 2 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA) PEMBELAJARAN 5:

PPKn

Perbedaan pasti sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari baik itu di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. Perbedaan merupakan suatu hal yang lumrah. Dimanapun kita pasti akan menjumpai perbedaan contohnya perbedaan kegemaran, perbedaan makanan kesukaan, dll. Perbedaan bukanlah menjadi alasan untuk bertengkar, justru dengan adanya perbedaan hidup akan menjadi indah. Kita harus menghargai perbedaan agar hidup menjadi rukun. Jika hidup kita rukun maka akan tercipta kehidupan yang aman, tentram, dan damai. Jika terjadi suatu masalah maka lebih mudah menyelesaikannya dengan kerjasama. Kerjasama merupakan kegiatan bekerja secara bersama-sama. Kerjasama sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat bekerjasama dalam perbedaan antara lain:
1. Pekerjaan menjadi ringan
2. Pekerjaan cepat selesai
3. Mempererat tali persaudaraan
4. Menciptakan kerukunan
5. Mendorong sikap tolong-menolong
6. Menumbuhan rasa saling membutuhkan

Bahasa Indonesia

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah olahraga. Berolahraga sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat olahraga bagi manusia antara lain:
1. Tubuh menjadi sehat
2. Memperlancar peredaran darah
3. Melenturkan dan memperkuat otot dan tulang

Selain berolahraga, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia yang lain adalah rekreasi. Dengan melakukan kegiatan rekreasi maka pikiran jenuh kita akan hilang sehingga kita akan menjadi segar kembali. 

Matematika

Pengurangan Bilangan tanpa Teknik Meminjam

Tentukan hasil dari 3.465 - 2.134!

Jawab:

3 . 4 6 5
2 . 1 3 4
---------- -
1 . 3 3 1

Cara:
1. Kurangkan satuannya (5-4=1)
2. Kurangkan puluhannya (6-3=3)
3. Kurangkan ratusannya (4-1=3)
4. Kurangkan ribuannya (3-2=1)
Jadi, hasil dari 3.465 - 2.134 adalah 1.331

Pengurangan Bilangan dengan Teknik Meminjam

Tentukan hasil dari 3.214 - 1.125!

Jawab:

3 . 2 1 4
1 . 1 2 5
----------- -
2 . 0 8 9

Cara:
1. Kurangkan satuannya (4-5) tidak bisa dikurangkan maka pinjam 1 puluhan dari 1 sehingga didapat (14-5=9)
2. Kurangkan puluhannya, 1 dipinjam 1 tinggal 0. (0-2) tidak bisa dikurangkan maka pinjam 1 puluhan sehingga didapat (10-2=8)
3. Kurangkan ratusannya, 2 dipinjam 1 tinggal 1 sehingga didapat 1-1=0.
4. Kurangkan ribuannya, (3-1=2)

Jadi, hasil dari 3.214 - 1.125 adalah 2.089

Bagaimana teman-teman? Mudah bukan? Pasti mudah dong. Jangan lupa belajar materi selanjutnya ya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 2 (Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia) Pembelajaran 6. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA", like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA", dan follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 2 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *