RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 2 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini diberikan kesempatan untuk membagikan Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan teknologi) Subtema 2 (Perkembangan Teknologi Produksi Sandang) Pembelajaran 1. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Alhamdulillah pada pagi yang cerah ini masih diberikan kesempatan untuk membagikan Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan teknologi) Subtema 2 (Perkembangan Teknologi Produksi Sandang) Pembelajaran 1. Lihat pula postingan selanjutnya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan teknologi) Subtema 1 (Perkembangan Teknologi Produksi Pangan) Pembelajaran 6. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tentang Menemukan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas, materi Matematika yaitu tentang Simetri Lipat, sedangkan materi SBdP yaitu tentang Gerakan Memintal dan Menenun.

Materi Bahasa Indonesia: Menemukan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat Utama adalah kalimat yang didalamnya terkendung ide pokok atau gagasan utama, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Dalam sebuah paragraf terdapat 1 kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Kita ambil contoh paragraf kedua pada teks "Bahan Dasar Pakaian" yang terdapat pada buku siswa halaman 62.

....

       Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Dari paragraf di atas (yang berwarna biru) kita dapat menentukan kalimat utama dan kalimat penjelasnya:
Kalimat utama : 
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba.
Kalimat Penjelas:
Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari.
- Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari.
- Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu.
- Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Materi Matematika: Simetri Lipat

Simetri lipas adalah jumlah lipatan yang membagi sebuah bangun datar menjadi dua bagian sama besar. Garis lipatan yang terbentuk disebut dengan sumbu simetri. Jika sebuah bangun memiliki sumbu simetri maka bangun tersebut merupakan bangun simetri. Berikut jumlah simetri lipat pada bangun:
a. Segitiga sama kaki = 1
b. Segitiga sama sisi = 3
c. Segitiga siku-siku = 1
d. Persegi Panjang = 2
e. Persegi (Bujursangkar) = 4
f. Trapesium sama kaki = 1
g. Layang-layang = 1
h. Belah ketupat = 2


Materi SBdP: Gerakan Memintal dan Menenun

1. Gerakan Memintal Kapas

Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan Menenun 1

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergeraklembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan Menenun 2

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan Menjemur


Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak  mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan.

Demikianlah Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan teknologi) Subtema 2 (Perkembangan Teknologi Produksi Sandang) Pembelajaran 1. Nantikan postingan selannjutnya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan teknologi) Subtema 2 (Perkembangan Teknologi Produksi Sandang) Pembelajaran 2. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel Youtube "SHEPTY IECHA", follow IG "shepty_iecha" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Terima kasih. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 7 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI) SUBTEMA 2 (PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *