RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 6

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada hari ini masih diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 6. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini masih diberikan kesehatan sehingga dapat membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 6. Jangan lupa kunjungi rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5 untuk mempelajari materi sebelumnya. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari adalah Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu Menyusun Informasi tentang Perubahan Energi, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Hak dan Kewajiban dalam Menggunakan Energi, sedangkan materi pelajaran yaitu tentang Menyelesaikan soal cerita membandingkan lamanya suatu kegiatan.

Menyusun Informasi tentang Perubahan Energi

Menengok materi bahasa Indonesia pada rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 5, yaitu tentang menemukan informasi, sekarang kita akan belajar menyusun informasi yang telah kita dapatkan. Informasi yang kita telah kita dapatkan dapat kita sajikan dalam bentuk lisan, tulisan maupun gambar (visual).

Hak dan Kewajiban dalam Menggunakan Energi

Ingat pada pertemuan sebelumnya bahwa kita mempunyai kewajiban dalam menggunakan energi. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan. Setelah melakukan kewajiban kita akan mendapatkan hak. Hak adalah segala sesuatu yang kita dapatkan. Hak akan kita peroleh setelah kita melakukan kewajiban. Kewajiban dan hak harus berjalan dengan seimbang. Kewajiban kita dalam menggunakan energi yaitu menggunakan energi secara hemat dan bermanfaat. Contoh dalam penggunaan energi listrik. Kita wajib menghemat energi listrik agar tidak boros dalam pembayaran, membayar rekening listrik adalah kewajiban kita. Setelah kita membayar rekening listrik maka kita akan mendapatkan hak yaitu menikmati cahaya lampu di malam hari, bisa menonton televisi untuk hiburan, bisa mengisi daya baterai handphone, dll. Tetapi ingat harus dihemat ya sesuai dengan kebutuhan kita.

Menyelesaikan soal cerita membandingkan lamanya suatu kegiatan.

Perhatikan Contoh soal cerita di bawah ini!

Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang lebih lama dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?

Jawab:
Menyiapkan nasi goreng = 05.45 - 05.30 = 00.15 menit
Menyiapkan roti panggang dan susu =  05.55 - 05.45 = 00.10 menit
Jadi, ibu lebih lama menyiapkan nasi goreng.

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 6. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 3 (Energi Alternatif) Pembelajaran 1. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN". Semangat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 2 (PERUBAHAN ENERGI) PEMBELAJARAN 6

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *