RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 6

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6, namun sebelum kalian mempelajari rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6 lebih baik kalian pelajari dulu rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 5. Muatan pelajaran yang akan kalian pelajari yaitu Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika. Materi pelajaran untuk Bahasa Indonesia yaitu Menyusun Teks dengan Menggunakan Kosakata yang berkaitan dengan Sumber Energi, materi pelajaran untuk PPKn adalah Hak dan Kewajiban dalam Menghemat Sumber Energi, dan materi pelajaran untuk Matematika yaitu tentang Menentukan Lamanya Kegiatan.

Menyusun Teks dengan Menggunakan Kosakata yang Berkaitan dengan Sumber Energi:

Ada banyak kosakata yang berhubungan dengan sumber energi contohnya matahari, air, angin, dll. Kalian dapat menyusun teks dengan menggunakan kosakata yang berkaitan dengan sumber energi tersebut. Tulis teks dengan menggunakan kalimat efektif agar tulisanmu mudah dipahami. Ingat, dalam menulis teks berarti harus ada kesesuaian antara topik dengan kalimat pendukungnya.

Hak dan Kewajiban dalam Menghemat Sumber Energi:

Menjaga kelestarian sumber energi adalah sesuatu hal yang sangat penting. Kita harus melaksanakan kewajiban untuk menghemat energi. Jika kalian sudah melaksanakan kewajiban menghemat energi maka kalian akan memperoleh hak kalian terhadap energi. Taukah kalian apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah segala sesuatu yang kita peroleh. Setelah kita melaksanakan kewajiban pasti kita akan mendapatkan hak. Kewajiban dan hak harus berjalan secara seimbang. Berikut ini contoh kewajiban dan hak dalam menghemat sumber energi di rumah:

Kewajiban : mematikan kran air jika tidak dipakai
Hak : Mendapatkan cukup air

Kewajiban : Tidak membuang-buang makanan
Hak : Mendapatkan makanan yang layak untuk dimakan (Bergizi)

Kewajiban : Mematikan lampu di siang hari
Hak : Menggunakan lampu saat gelap

Kewajiban : Tidak menghamburkan air di kamar mandi
Hak : Mandi dengan menggunakan cukup air

Kewajiban : Mendapatkan minum yang sudah diambil
Hak : minum dengan air yang layak minum

Menentukan Lamanya Kegiatan:

Untuk menentukan lamanya kegiatan maka kita harus tahu hubungan antar satuan waktu, kemarin sudah kita pelajari pada rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 1. Yuk kita ingat kembali ya hubungan antar satuan waktu:

1 tahun = 12 bulan
1 tahun = 52 minggu
1 tahun = 365 hari
1 bulan = 4 minggu
1 bulan = 30 hari
1 minggu = 7 hari
1 hari = 24 jam
1 jam = 60 menit
1 jam = 3.600 detik
1 menit = 60 detik

Untuk menghitung lamanya kegiatan kita bisa hitung dengan menggunakan rumus di bawah ini:

LAMA KEGIATAN = WAKTU SELESAI KEGIATAN - WAKTU MULAI KEGIATAN

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6. Nantikan postingan selanjutnya tentang rangkuman materi kelas 3 tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) Pembelajaran 1. Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 6

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *