RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

 Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada hari ini saya akan membagikan rangkuman materi kelas 3 Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 5. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman karena telah menyempatkan waktu untuk mengunjungi blog sederhana ini.


Alhamdulillah pada hari ini masih diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 5. Muatan pelajaran yang terdapat pada rangkuman materi kelas 3 Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 5 meliputi Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika. Materi pelajaran untuk muatan Bahasa Indonesia yaitu Menemukan Informasi dari Teks Percakapan, materi pelajaran untuk muatan PPKn yaitu kewajiban Menghemat Energi untuk Kelestarian Lingkungan, dan materi pelajaran matematika yaitu tentang Mengenal Satuan Baku Waktu (Jam dan Menit).

Menemukan Informasi dari Teks Percakapan:

Untuk dapat menemukan informasi dari teks percakapan berarti kalian harus membaca teks percakapan dengan cermat. Setelah membaca kalian akan dapat menemukan informasi yang terkandung dalam teks percakapan. Kalian dapat mengemukakan informasi yang kalian temukan baik secara lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.

Kewajiban Menghemat Energi untuk Kelestarian Lingkungan:

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha/ kerja. Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi ada yang jumlahnya terbatas dan ada pula yang jumlahnya tidak terbatas. Jumlahnya terbatas maksudnya sumber energi tersebut bisa habis dan untuk diadakan kembali memerlukan waktu yang sangat lama bahkan sampai ratusan tahun, sedangkan sumber energi yang jumlahnya tidak terbatas artinya sumber energi tersebut tidak akan habis. Kita mempunyai kewajiban untuk menghemat energi baik yang jumlahnya terbatas maupun yang tidak terbatas. Contoh sumber energi yang jumlahnya terbatas adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). Penggunaan BBM harus dihemat, bagaimana cara menghemat penggunaan BBM? Cara upaya menghemat penggunaan BBM antar lain:
1. Saat bepergian menggunakan kendaraan umum (misal angkot, bus, kereta api, dll).
2. Memilih jalan kaki atau menggunakan sepeda ontel saat pergi ke tempat yang dekat.
3. Tidak berpergian saat jam sibuk (saat orang berangkat/pulang kerja atau sekolah).
Kalian  harus selalu menghemat penggunaan BBM agar BBM tidak cepat habis.

Mengenal Satuan Baku Waktu (Jam dan Menit):

Adakah jam dinding di rumah kalian? Perhatikan jam dinding tersebut. Dalam jam dinding terdapat 2 jarum yaitu jarum panjang dan jarum pendek. Jarum panjang menunjukkan menit, sedangkan jarum pendek menunjukkan jam.

  

Jam di atas menunjukkan pukul 11.00
Jarum pendek terletak pada angka 11
Jarum panjang terletak pada angka 12





Jam di atas menunjukkan pukul 11.30
Jarum pendek terletak pada angka 11
Jarum panjang terletak pada angka 6 (6x5=30)

Dalam satu hari ada 24 jam. Pukul 00.00 sampai dengan 12.00 mulai dari tengah malam sampai tengah hari. Setelah pukul 12 siang (12.00) adalah pukul 13.00 (artinya pukul 1 siang), pukul 14.00 (artinya pukul 2 siang) dan seterusnya (Angka yang ditunjuk pada jam ditambah 12). 

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 5. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 1 (Sumber Energi) Pembelajaran 6. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 6 (ENERGI DAN PERUBAHANNYA) SUBTEMA 1 (SUMBER ENERGI) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *