RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha
RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini diberikan kesehatan sehingga dapat membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 Subtema 2 pembelajaran 3. Sebelum mempelajari materi ini, lebih baik teman-teman pelajari terlebih dahulu rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 2. Tak lupa saya ucapkan Terima kasih kepada teman-teman karena telah mengunjungi blog sederhana ini. 


Rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 (Praja Muda Karana) Subtema 2 (Aku Anak Mandiri) Pembelajaran 3 ini terdiri dari muatan pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, dan SBdP. Materi bahasa Indonesia yaitu tentang mengenal lambang pramuka, materi matematika yaitu tentang bangun datar, sedangkan materi SBdP yaitu tentang dinamika tarian. 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:

Bahasa Indonesia

Dalam pramuka terdapat tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus adalah salah satu tanda pengenal pramuka. Tanda kecakapan khusus diberikan untuk menambah semangat anggota pramuka. Tanda kecakapan khusus bertujuan untuk melatih keterampilan serta kemandirian. Ada berbagai tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus wajib 10 buah. Di bawah ini gambar 10 tanda kecakapan khusus dalam pramuka:


Selain tanda khusus, ada pula tanda umum. Tanda umum digunakan oleh semua anggota pramuka. Tanda umum pramuka diantaranya:
- Tanda tutup kepala
- Tanda pelantikan
- Setangan leher
- Tanda harian
- Tanda WOSM

Matematika

Sifat-Sifat Persegi:


Nama bangun datar di atas adalah persegi ABCD. 
Tahukah kamu bagaimana sifat-sifat persegi? 
Coba kalian perhatikan gambar persegi ABCD di atas! 
Persegi ABCD diatas mempunyai 4 sisi yang sama panjang yaitu sisi AB, BC, CD, dan DA. Selain itu, bangun persegi tersebut mempunyai 4 sudut yang sama besar yaitu sudut BAC, ABC, BCD, dan CDA. 

Sifat-sifat bangun datar persegi:
1. Mempunyai 4 sisi. 
2. Mempunyai 4 sisi yang sama panjang. 
3. Mempunyai 4 sudut yang sama besar. 

SBdP

Masih ingatkah kalian dengan tari tempurung yang telah kita pelajari pada rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 1? Yuk kita coba latihan kembali ya! 

Tari Tempurung

1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah 
belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan 
dalam barisan.


2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri 
dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara 
bergantian sebanyak empat kali.


3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat.  Lakukan sebanyak dua kali.


4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.


5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.


6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari. 


Bagaimana mudah bukan materi yang kita pelajari pada rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 3? Jangan lupa ya untuk mengerjakan latihan soal di kumpulan soal kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 3.

Demikianlah postingan tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 3. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 2 pembelajaran 4. Jangan lupa untuk like, komen, share, subscribe dan follow akun media sosial:


Semoga postingan ini membawa manfaat untuk teman-teman. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *