RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 5 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Pada postingan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 tema 4 subtema 1 pembelajaran 5. Sebelumnya teman-teman dapat belajar terlebih dahulu rangkuman materi kelas 3 tema 4 subtema 1 pembelajaran 4. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tentang kalimat saran, materi PPKn yaitu tentang Kewajiban dan Hak Anak di Rumah, sedangkan materi matematika yaitu tentang membuat soal cerita tentang penjumlahan.


RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 5:

Bahasa Indonesia

Kalimat Saran

Kita telah mempelajari kalimat saran pada materi kelas 3 tema 4 subtema 4 pembelajaran 1. Kalimat saran merupakan kalimat yang berisi tentang penyelesaian suatu masalah. Bagaimana cara kita untuk memahami kalimat saran? Untuk memahami kalimat saran maka kita harus membaca kalimat tersebut secara berulang-ulang sehingga kita akan mudah untuk memahaminya.

Bacalah teks "Rumah Tempat Berlindung"! Tuliskan masalah yang terdapat pada teks tersebut! Tuliskan pula kalimat saran yang terdapat pada teks tersebut!



Masalah yang terdapat pada teks "Rumah Tempat Berlindung" adalah Udin dan Mutiara mengeluhkan rumah mereka bocor.
Kalimat saran: Ibu menyarankan mereka agar melihat orang-orang yang lebih susah.

PPKn

Kewajiban dan Hak Anak di Rumah

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan, sedangkan hak adalah sesuatu yang kita dapatkan. Kewajiban dan hak harus berjalan secara seimbang. Kita akan mendapatkan hak setelah kita melaksanakan kewajiban dengan baik.

Kewajiban anak di rumah:
1. Bersyukur karena memiliki rumah.
2. Membantu merapikan dan menata rumah.
3. Bicara lembut dan sopan.
4. Saling mencintai, menjaga, melindungi dan menghargai.
5. Saling menolong dan memaafkan.
6. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Hak anak di rumah:
1. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.
2. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.
3. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.
4. Mendapat tempat tinggal.

Matematika

Membuat Soal Cerita Penjumlahan

Cara membuat soal cerita tentang penjumlahan kita tentukan terlebih dahulu hasil penjumlahannya. Misal kita tentukan hasil penjumlahannya adalah 500. 

Contoh soal cerita:
Ayah akan merenovasi rumahnya. Ayah membutuhkan batu bata sebanyak 500 batu bata. Ayah sudah mempunyai beberapa batu bata di rumah. Ayah akan membeli kekurangannya di toko bangunan. Berapa batu bata yang mungkin ayah miliki dan berapa yang harus dibeli?

Kemungkinan batu bata yang dimiliki ayah dan yang harus dibeli ayah yaitu:

250 + 250 = 500
200 + 300 = 500
150 + 350 = 500
100 + 400 = 500
50 + 450 = 500

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 5. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 6. Selamat belajar teman-teman. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube "SHEPTY IECHA", follow IG "shepty_iecha". Terima kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *