RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 6

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) Pembelajaran 6 - Assalamualaikum sahabat Shepty IeCha Blog! Pada kesempatan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 tema 4 subtema 1 pembelajaran 6. Jangan lupa untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 tema 4 subtema 1 pembelajaran 5. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Materi Bahasa Indonesia yaitu memberikan saran, materi PPKn yaitu Kewajiban dan Hak tentang Rumah Bersih, dan materi matematika yaitu tentang membuat soal cerita tentang penjumlahan.

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 6:

Bahasa Indonesia

Memberikan dan Menjelaskan Maksud Saran

Perhatikan permasalahan berikut.

Yhuka ingin kamarnya bersih dan rapi. Sepulang sekolah, ia melihat kamarnya kotor dan berantakan. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Yhuka?

Saran: Sebaiknya Yhuka membersihkan dan merapikan kamarnya setelah bangun tidur.

Maksud dari saran di atas adalah agar kamar Yhuka terlihat selalu bersih dan rapi maka setelah bangun tidur Yhuka harus memberihkan dan merapikan kamarnya.

PPKn

Kewajiban dan Hak tentang Rumah Bersih

Masihkah kalian ingat apa yang dimaksud dengan kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Lantas, apa yang dimaksud dengan hak? Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah segala sesuatu yang kita terima. 

Kewajiban kita terhadap rumah bersih:
1. Selalu menjaga kebersihan rumah.
2. Membuang sampah di tempat sampah.
3. Membersihkan rumah secara rutin.
4. Merapikan barang-barang.
5. Merapikan tempat tidur

Hak kita jika telah melaksanakan kewajiban terhadap rumah bersih:
1. Memiliki rumah yang nyaman.
2. Terhindar dari penyakit.
3. Terhindar dari serangga yang mengganggu seperti nyamuk, semut, lalat dll.
4. Memiliki rumah yang rapi.

Matematika

Membuat Soal Cerita Penjumlahan

Langkah membuat soal cerita tentang penjumlahan adalah kita tentukan terlebih dahulu hasil penjumlahannya. Misalkan saja hasil penjumlahannya adalah 800. 

Yuk kita buat soal ceritanya!

Soal cerita:
Yhuka bersama adiknya mengumpulkan beberapa kelereng. Jumlah kelereng Yhuka dan adiknya setelah terkumpul adalah 800 kelereng. Tentukan kemungkinan jumlah kelereng milik Yhuka dan jumlah kelereng milik adik Yhuka!

Jawab:

Kemungkinan jumlah kelereng
Milik Yhuka + Milik adik Yhuka = 800

200 + 600 = 800
300 + 500 = 800
400 + 400 = 800
100 + 700 = 800
550 + 250 = 800

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah) pembelajaran 6. Nantikan postingan selanjutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) pembelajaran 1. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) PEMBELAJARAN 6

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *