RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 5

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha
Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) Pembelajaran 5 - Assalamu'alaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Alhamdulillah hari ini diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 5. Sebelum mempelajari materi ini, sebaiknya teman-teman pelajari terlebih dahulu pembelajaran sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 3. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Materi pelajaran bahasa Indonesia yaitu tentang kalimat saran dalam bacaan, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Kewajiban dan Hak Siswa di Sekolah agar merasa Senang, sedangkan materi matematika yaitu tentang pengurangan bilangan cacah. 


RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 5:

Bahasa Indonesia

Kalimat Saran dalam Bacaan

Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kalimat saran? Kita bahas lagi ya apa yang dimaksud dengan kalimat saran. Kalimat saran adalah kalimat yang berisi penyelesaian masalah. Kalimat saran bisa kita temukan dalam bacaan. Untuk menemukan kalimat saran dalam bacaan maka kita harus membaca teks tersebut secara berulang-ulang hingga kita mengerti masalah dan penyelesaiannya. 

Agar kalian lebih memahami kalimat saran dalam bacaan, ayo kita baca teks "Aku Ingin Senang di Sekolah"! Tuliskan permasalahan yang ada dalam teks tersebut! Tuliskan pula cara penyelesaian permasalahannya!  



Permasalahan yang terdapat dalam teks "Aku Ingin Senang di Sekolah adalah setiap warga Sekolah wajib membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan. 

Penyelesaian masalah (kalimat saran) yang terdapat dalam teks "Aku Ingin Senang di Sekolah" antara lain:
1. Berteman dengan siapa saja. 
2. Saling berbagi
3. Saling menghormati
4. Saling membantu dan bekerjasama
5. Hormat kepada guru dan sayangi teman
6. Menaati peraturan sekolah

PPKn

Kewajiban dan Hak Siswa agar Senang di Sekolah

Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa. Sekolah harus dapat membuat siswa merasa senang. Siswa harus melaksanakan kewajiban agar merasa senang berada di sekolah. Kewajiban di sekolah merupakan sesuatu yang harus dilakukan di sekolah. Setelah kita melaksanakan kewajiban di sekolah, maka kita akan mendapatkan hak. Hak adalah sesuatu yang kita dapatkan. Kewajiban dan hak harus berjalan secara seimbang. Kita akan menerima hak jika sudah melaksanakan kewajiban. 

Kewajiban Siswa agar Senang di Sekolah:
1. Mengucapkan Terima kasih 
2. Saling membantu
3. Meminta maaf jika melakukan kesalahan
4. Mengucapkan permisi saat lewat
5. Mengatakan tolong jika membutuhkan bantuan
6. Berteman dengan siapa saja. 
7. Menghormati guru
8. Menaati aturan sekolah

Hak jika telah melaksanakan kewajiban di sekolah:
1. Mendapatkan bantuan jika mengalami kesulitan. 
2. Mendapatkan rasa senang di sekolah. 
3. Memiliki teman. 
4. Bermain bersama. 
5. Mengeluarkan pendapat. 

Matematika 

Pengurangan Bilangan Cacah

Yhuka membawa banyak kue ke sekolah. Yhuka berencana untuk berbagi kue kepada teman-temannya. Berbagi merupakan kewajiban kita di sekolah. Setelah dibagikan sisa kue yhuka adalah 80. Tuliskan kemungkinan jumlah kue yang yhuka bawa dengan jumlah kue yang dibagikan! 

Jawab:

Jumlah kue yang dibawa Yhuka - jumlah kue yang dibagikan = 80

Kemungkinannya:

100 - 20 = 80
120 - 40 = 80
200 - 120 = 80
150 - 70 = 80
90 - 10 = 80

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) Pembelajaran 5. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 5. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Terima kasih. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 5

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *