RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 3

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) Pembelajaran 3 - Assalamu'alaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Alhamdulillah pada postingan kali ini diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 3. Sebelum mempelajari materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 3, lebih baik teman-teman pelajari terlebih dahulu materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain bahasa Indonesia, matematika dan SBdP. Materi pelajaran untuk bahasa Indonesia yaitu tentang menentukan kalimat saran pada bacaan, materi pelajaran untuk matematika yaitu pengurangan bilangan cacah, dan materi SBdP yaitu tentang gerak kaki dalam tari. 


RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 3:

Matematika

Pengurangan Bilangan Cacah

Sekolah Yhuka mempunyai halaman yang sangat luas. Terdapat sebuah pohon besar di sana. Pohon tersebut menggugurkan daunnya setiap Hari. Hari ini siswa kelas 3 menyapu daun-daun yang berjatuhan. Meskipun telah disapu, masih terdapat daun-daun di bawah pohon. Jika sisa daun dibawah pohon berjumlah 50 daun, berapa kemungkinan jumlah daun yang berguguran dan jumlah daun yang disapu kelas 3? 

Nah untuk mengerjakan contoh soal di atas, kita bisa menggunakan cara pengurangan bilangan cacah, dimana dalam soal diketahui jumlah sisa daun adalah 50 daun. 

Jadi, kemungkinan yang terjadi adalah:

Jumlah seluruh daun - jumlah daun yang disapu = sisa daun

Kemungkinan:

500 - 450 = 50

450 - 400 = 50

300 - 250 = 50

100 - 50 = 50

250 - 200 = 50


Bahasa Indonesia

Menentukan Kalimat Saran dalam Bacaan

Kita dapat menemukan kalimat saran dalam suatu bacaan. Untuk dapat menemukan kalimat saran maka kita harus membaca teks tersebut dengan teliti. Untuk mempermudah menemukan kalimat saran, ingat kata apa saja yang menunjukkan kalimat saran. 

Bacalah teks "Kegiatan Saat Jam Istirahat" kemudian tuliskan permasalahannya dan cara penyelesaiannya! 


Dari teks "Kegiatan Saat Jam Istirahat" di atas, diperoleh:

Permasalahan: Daun berserakan di halaman sekolah. 
Cara penyelesaian:
1. Mereka memunguti daun sambil berbincang. 
2. Daun-daun tersebut dimasukkan ke dalam tong sampah organiknya. 

Kalimat saran yang terdapat dalam teks "Kegiatan Saat Jam Istirahat" adalah semua warga sekolah sebaiknya ikut menjaga kerapian dan keindahan. 

SBdP

Gerak Kaki dalam Tari

Masih ingatkah kalian dengan gerakan kaki dalam tarian yang telah dipelajari pada rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 1? Jika masih belum hafal tariannya kalian bisa mempelajari lagi materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 1. Berlatih lah gerakan-gerakan tersebut kemudian rangkailah menjadi tarian sederhana. 

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 3. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 4. Teman-teman juga dapat mempelajari materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) serta latihan soal kelas 3 SD tema 4. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "Shepty IeCha" dan follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamu'alaikum.
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *