RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 4

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) Pembelajaran 4 - Assalamu'alaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Alhamdulillah pada hari ini diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 2 (kewajiban dan hakku di sekolah) pembelajaran 4. Sebelum itu, lebih baik teman-teman pelajari terlebih dahulu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (kewajiban dan hakku) subtema 2 (kewajiban dan hakku di sekolah) pembelajaran 3. Muatan pelajaran yang dipelajari antara lain bahasa Indonesia, PPKn dan PJOK. Materi pelajaran bahasa Indonesia yaitu tentang menulis kalimat saran dalam bacaan, materi pelajaran PPKn yaitu tentang Kewajiban dan hak terhadap sekolah sehat, dan materi pelajaran PJOK yaitu tentang kegiatan mengisi waktu luang. 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 4:

Bahasa Indonesia

Menulis Kalimat Saran dalam Bacaan

Kita tahu bahwa kalimat saran adalah kalimat yang mengandung penyelesaian masalah. Jadi, saran sama dengan penyelesaian masalah. Saran dapat kita temukan dalam suatu bacaan. Ingat, kata khusu yang menunjukkan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat saran antara lain sebaiknya, lebih baik, seharusnya, hendaknya, disarankan, dll. 

Bacalah teks "Sekolah yang Sehat" Kemudian tulis permasalahan yang terdapat pada teks tersebut! Tuliskan pula kalimat saran yang terdapat pada teks tersebut!  

Masalah yang terdapat pada teks "Sekolah yang Sehat" adalah tidak semua sekolah merupakan sekolah yang sehat. 

Kalimat saran yang terdapat pada teks "Sekolah yang Sehat" antara lain:

1. Sekolah sebaiknya memiliki kantin yang selalu bersih. 

2. Tempat cuci tangan sebaiknya tersedia di beberapa tempat. 

3. Tempat sampah sebaiknya ada di setiap sudut. 

4. Sekolah sebaiknya memiliki halaman tempat bermain. 

5. Toilet sekolah sebaiknya bersih dan wangi. 

6. Sekolah sebaiknya bersih dari jentik nyamuk dan asap rokok. 

7. Sekolah sebaiknya memiliki program menjaga kesehatan. 

8. Setiap warga sekolah sebaiknya memiliki kebiasaan hidup sehat. 

PPKn

Kewajiban dan Hak terhadap Sekolah Sehat

Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan. Sedangkan apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah sesuatu yang kita Terima. 

Kewajiban terhadap sekolah sehat:

1. Mentaati tata tertib sekolah. 

2. Menjaga kebersihan sekolah. 

3. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

4. Menjaga kebersihan toilet. 

Hak setelah melaksanakan kewajiban terhadap sekolah sehat:

1. Sekolah menjadi nyaman. 

2. Sekolah terbebas dari penyakit. 

3. Sekolah terbebas dari polusi. 

PJOK

Kegiatan Mengisi Waktu Luang

Waktu luang sebaiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan yang bermanfaat apa saja yang dapat kita lakukan? Berikut contoh kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang:

1. Sepak bola

Bermain sepak bola saat istirahat di sekolah memiliki banyak manfaat. Bermain sepak bola bermanfaat untuk memperkuat otot-otot kaki. Selain itu bermain sepak bola juga bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan. 

2. Gobak sodor

Bermain gobak sodor saat jam istirahat mempunyai banyak manfaat. Gobak sodor merupakan permainan tradisional Indonesia. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan bermain gobak sodor baik dari segi kesehatan maupun sosial. Dari segi kesehatan gobak sodor dapat bermanfaat untuk memperkuat otot-otot kaki, dan dari segi sosial bermanfaat untuk mempererat persaudaraan. 

3. Lompat tali

Permainan lompat tali umumnya dilakukan oleh anak perempuan, tetapi tidak ada salahnya jika laki-laki juga ikut dalam permainan ini. Permainan lompat tali mempunyai banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, permainan lompat tali juga bermanfaat mempererat tali persaudaraan. 

Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 4. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 2 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 5. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum. 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 4

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *