RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD: TEMA 3 (BENDA DI SEKITARKU) SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA) PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 3 (Benda di Sekitarku) Subtema 3 (Perubahan Wujud Benda) Pembelajaran 2 - Assalamualaikum Sahabat Shepty Iecha Blog! Alhamdulillah pada hari ini diberikan kesempatan untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 2. Sebelum mempelajari materi ini, lebih baik teman-teman pelajari terlebih dahulu materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 1.

Pernahkah kalian meletakkan air pada frezeer? Mula-mula bagaimana wujud air tersebut? Wujud air tersebut adalah cair bukan? Beberapa waktu kemudian apa yang terjadi pada air tersebut? Bagaimana wujud air tersebut? Air tersebut menjadi berwujud padat bukan? Yah air tersebut berubah menjadi es batu. 

Selain meletakkan air pada freezer, pernahkan kalian membuat agar-agar? Masih ingatkah kalian cara membuat agar-agar? Cara membuat agar-agar yaitu dengan cara merebus air dan kemudian memasukkan bubuk agar-agar ke dalam air tersebut. Setelah agar-agar matang, bagaimana wujud agar-agar tersebut? Pastinya berwujud cair ya. Beberapa waktu kemudian apa yang akan terjadi pada agar-agar tersebut? Apakah agar-agar tersebut tetap berwujud cair? Tidak bukan? Agar-agar tersebut berubah wujud menjadi padat. 

Dari kedua peristiwa di atas, ada persamaan yaitu wujud benda yang awalnya cair berubah menjadi padat. Perubahan itulah yang disebut dengan membeku. Jadi, membeku adalah perubahan wujud zat cair menjadi padat. 

Es batu sangat enak jika dicampur dengan minuman, pasti di sekolahmu ada yang menjual es kan? Seperti es jeruk, es teh, dll. Minuman tersebut biasanya dijual di kantin sekolah. Penjaga kantin biasanya yang melayani kamu saat membeli es bukan? Penjaga kantin berperan melayani siswa saat membeli makanan atau minuman. Penjaga kantin merupakan salah satu warga sekolah. Dapatkah kamu menyebutkan seluruh warga sekolah? Warga sekolah adalah orang-orang yang berada di sekolah setiap hari. Yang termasuk warga sekolah antara lain kepala sekolah, guru, siswa, penjaga sekolah, penjaga kantin, petugas perpustakaan, dll. Setiap warga sekolah memiliki tugas dan peran masing-masing. Agar peran di sekolah dapat berjalan Dengan baik maka diperlukan pembagian tugas. Dengan pembagian tugas maka pekerjaan akan menjadi ringan dan cepat selesai. Membagi tugas dalam melaksanakan kegiatan di sekolah merupakan bentuk kerjasama. Kerjasama merupakan pengamalan Pancasila yaitu silakan ketiga. 

Kerjasama bukan hanya dapat dilakukan di sekolah saja, tetapi kita juga bisa melakukan kerjasama dalam permainan sepak bola. Dalam permainan sepak bola terdapat pembagian tugas dan peran. Contoh ada yang berperan sebagai kiper (penjaga gawang), penyerang, pemain belakang, sebagai kapten. Semuanya harus bekerjasama agar menghasilkan permainan yang terbaik. Pasti kalian pernah bermain sepak bola bukan? Yuk kita pelajari bagaimana teknik bermain sepak bola. Lakukan pemanasan terlebih dahulu ya! 

Itulah rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 2. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 3. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Semoga bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum. 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD: TEMA 3 (BENDA DI SEKITARKU) SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA) PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *