RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 3 (BENDA DI SEKITARKU) SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum sahabat Shepty Iecha Blog! Rangkuman materi kelas 3 SD Tema 3 (Benda di Sekitarmu) Subtema 3 (Perubahan Wujud Benda) Pembelajaran 1. Muatan pelajaran yang dipelajari di kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 1 antara lain Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP. Materi yang dipelajari untuk Bahasa Indonesia adalah menggali informasi dari teks perubahan wujud benda, materi Matematika yaitu satuan baku dan satuan tidak baku, sedangkan materi untuk SBdP adalah karya seni dekoratif. 

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1:

Pernahkah kalian mendengar kata mencair? Apa sih yang dimaksud dengan mencair? Kalian tentu pernah membeli es krim bukan? Bagaimana wujud es krim sebelum dikeluarkan dari lemari pendingin? Tentu es krim sebelum dikeluarkan dari lemari pendingin berwujud padat. Bagaimana wujud es krim setelah dikeluarkan dari lemari pendingin? Semakin lama es krim semakin cair bukan? Es krim yang dikeluarkan dari lemari pendingin lama-lama akan berubah wujud menjadi cair. 

Es batu berwujud padat saat berada di dalam freezer namun bagaimana wujud es batu setelah dikeluarkan dari freezer? Pasti es batu akan menjadi air bukan? Es batu yang dikeluarkan dari freezer lama-lama akan berubah wujudnya menjadi cair. 

Cokelat yang kita beli di toko awalnya juga berwujud padat. Namun, saat kita pegang cokelat tersebut juga akan berubah wujud menjadi cair. Mengapa cokelat bisa berubah wujud menjadi cair? Cokelat bisa berubah wujud menjadi cair karena terkena panas dari tangan kita atau dari suhu di udara. 

Dari ketiga contoh di atas, dapatkah kalian menyimpulkan apa yang dimaksud dengan mencair? Es krim, es batu dan cokelat berwujud padat, Lama-lama akan menjadi cair jika terkena panas. Jadi dapat disimpulkan bahwa mencair adalah perubahan wujud benda padat menjadi cair. 

Cokelat jika dibiarkan di udara terbuka maka akan mencair. Jika kalian membeli cokelat dan tidak ingin segera memakannya maka letakkan cokelat tersebut pada lemari pendingin dan jangan dibuka kemasan cokelatnya. Pernahkah kalian memperhatikan kemasan cokelat? Pada kemasan cokelat tertera berat cokelat yang kalian beli misalnya 120 gram, 70 gram, 60 gram dan lain sebagainya. 

Satuan berat gram merupakan satuan satuan baku. Apa sih yang dimaksud dengan satuan baku? Jika ada satuan baku, apakah ada satuan tidak baku? Yah, satuan dibagi menjadi 2 yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. 

Satuan baku adalah satuan yang telah ditetapkan dan diakui secara internasional. Satuan baku merupakan satuan standar. Satuan baku apabila digunakan oleh orang yang berbeda maka hasilnya tetap (sama). Contoh satuan baku: satuan panjang (km, hm, dam, m, dm, dll), satuan berat (kg, gram, mg, dll), satuan waktu (second, detik, menit, jam dll). 

Satuan tidak baku adalah satuan yang diakui secara umum dan tidak diakui secara internasional. Satuan tidak baku jika digunakan oleh orang yang berbeda maka hasilnya akan berbeda. Contoh satuan tidak baku yaitu satuan panjang (depa, jengkal, hasta). 

Di bawah ini ada contoh resep membuat kue, dalam resep tersebut terdapat satuan berat baku dan tidak baku. Yuk coba kita cari ber sama-sama mana yang termasuk satuan baku dan mana yang termasuk satuan tidak baku. Perhatikan resep kue di bawah ini! 

Berdasarkan resep kue di atas, dapat kita temukan: 
Satuan baku: gram, kg
Satuan tidak baku: butir, sdt

Kalian dapat mempraktikkan resep membuat kue dengan menggunakan satuan berat baku maupun tidak baku bersama keluarga. Kue yang masih hangat enak dimakan saat musim dingin. Saat musim dingin, turunlah salju. Salju akan mencair jika masuk musim semi. Tahukah kalian bahwa bentuk salju beraneka ragam? Kita dapat mengetahui bentuk salju jika dilihat dari mikroskop. Bentuk-bentuk salju yang indah jika kita gambar maka akan tercipta gambar dekoratif yang indah. 

Kalian harus menggabungkan garis, bentuk dan warna untuk mendapatkan gambar dekoratif yang indah. Garis adalah goresan yang memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis dapat dibuat panjang, pendek, melengkung, patah-patah, vertikal, horizontal, lurus, tipis, tebal, dll. Bentuk adalah gabungan dari lebih dari satu garis yang saling terhubung. Bentuk bermacam-macam, ada persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dll. Ada berbagai macam warna salah satunya adalah warna primer. Warna primer terdiri dari warna merah, kuning dan biru. Percampuran dari 2 atau lebih dari warna primer menghasikan warna beraneka ragam. Perhatikan gambar dekoratif di bawah ini! 

Demikian rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 (Benda di Sekitarku), subtema 3 (Perubahan Wujud Benda), pembelajaran 1. Jika ada pertanyaan bisa kalian sampaikan melalui kolom komentar ya. Jangan lupa untuk belajar materi berikutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 3 (Benda di Sekitarku), Subtema 3 (Perubahan Wujud Benda), pembelajaran 2. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa like, komen, share dan subscribe channel youtube "Shepty Iecha" dan follow IG "shepty_iecha". Terima kasih. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 3 (BENDA DI SEKITARKU) SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *