RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 3 (PERTUMBUHAN HEWAN) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat ya. Alhamdulillah pada malam ini diberikan kesempatan untuk membagikan Rangkuman Materi Kelas 3: Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 3 (Pertumbuhan Hewan) Pembelajaran 1. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.

Sumber gambar: Buku Siswa Tematik Kelas 3

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini diberikan kesempatan untuk membagikan Rangkuman Materi Kelas 3: Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 3 (Pertumbuhan Hewan) Pembelajaran 1. Jangan lupa untuk belajar materi sebelumnya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3: Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 2 (Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia) Pembelajaran 6. Muatan pelajaran yang akan dipelajari antara lain Bahasa Indonesia, SBdP dan Matematika.

RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 3 (PERTUMBUHAN HEWAN) PEMBELAJARAN 1

Bahasa Indonesia

Pertumbuhan Ayam

        Ayam merupakan salah satu makhluk hidup. Tubuh ayam berbulu dan memiliki dua kaki. Ayam
memiliki paruh dan bernapas dengan paru-paru. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur.
        Ayam mengalami perubahan bentuk mulai dari telur sampai menjadi ayam dewasa.  Setiap hari ayam diberi makan dan minum sehingga ukuran tubuh ayam bertambah besar. Ayam mengalami pertumbuhan.

Ayo, jawab pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks diatas!
1. Tuliskan semua perubahan yang terjadi pada ayam!
Jawab: Telur => anak ayam => ayam dewasa
2. Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ayam?
Jawab: Faktor makan dan minum (nutrisi), keturunan.

SBdP

Karya seni dekoratif adalah seni menggabungkan garis, bentuk dan warna. Unsur-unsur karya seni dekoratif antara lain garis, bentuk, dan warna. Fungsi karya seni dekoratif adalah agar hiasan gambar terlihat lebih menarik. Alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar karya seni dekoratif antara lain pensil, spidol, buku gambar, dan krayon.

Matematika

Perkalian

Perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh:
3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15
4 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 = 28

Yuk kita belajar perkalian bersusun!

1. 13 x 3 = ....

1 3
   3
----- x
3 9

Cara:
1. Kalikan satuan (atas) dengan satuan (bawah) => 3 x 3 = 9
2. Kalikan puluhan (atas) dengan satuan (bawah) => 1 x 3 = 3
Jadi, hasil perkalian dari 13 x 3 adalah 39

Bagaimana teman-teman? Mudah bukan? Nantikan materi selanjutnya yaitu tentang Rangkuman Materi Kelas 3: Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 3 (Pertumbuhan Hewan) Pembelajaran 2. Jangan lupa untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA", like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA", follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 3 (PERTUMBUHAN HEWAN) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *