RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini masih diberikan kesehatan sehinggan dapat membagikan RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini.


RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1. Teman-teman, di kelas 3 ini ada 8 tema yang akan dipelajari. Dimana 4 tema akan dipelajari di semester 1 dan 4 tema yang lain akan dipelajari di semester 2. Adapun 1 tema terdiri dari 4 subtema, yang mana 1 subtema terdiri dari 6 pembelajaran. 

Kali ini kita akan membahas RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1. Muatan pelajaran pada RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1 yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. 

VIDEO PEMBELAJARAN KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1:


RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1:

Pernahkah kalian melihat cicak? Cicak biasanya ada pada dinding rumahmu. Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup. Yuk kita belajar menyanyi lagu "Cicak-Cicak di Dinding" untuk mengetahui cici-ciri cicak sebagai makhluk hidup. Perhatikan lirik dan tanda kotak merah pada lagu Cicak-Cicak di Dinding di bawah ini ya!

Perhatikan tanda kotak merah panjang dan kotak merah pendek pada lagu "Cicak-cicak di Dinding" tersebut ya! Kira-kira apa perbedaan dari tanda kotak merah panjang dan kotak merah pendek ya? Wah  benar sekali, simbol kotak merah panjang berarti simbol bunyi panjang, sedangkan kotak merah pendek merupakan simbol bunyi pendek.

Selain cicak, hewan apa yang pernah kalian lihat? Wah, pasti kalian pernah berjumpa dengan banyak hewan ya. Nah, salah satu hewan yang sering kita jumpai adalah ikan. Kalan sering melihat ikan bukan?

Cicak dan ikan memiliki beberapa ciri yang sama. Untuk mengetahui ciri-ciri cicak dan ikan, yuk kita cari bersama-sama ya!

Ciri-ciri cicak berdasarkan gambar di atas:

1. Cicak dapat bergerak dengan cara merayap
2. Cicak membutuhkan makanan berupa nyamuk
3. Cicak berkembangbiak dengan cara bertelur
4. Cicak bernapas
5. Cicak mengalami pertumbuhan

Ciri-ciri Ikan berdasarkan gambar di atas:

1. Ikan dapat bergerak dengan cara berenang.
2. Ikan membutuhkan makanan
3. Ikan bernapas
4. Ikan berkembangbiak dengan cara bertelur
5. Ikan mengalami pertumbuhan

Berdasarkan ciri-ciri ikan dan cicak, maka dapat disimpulkan CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP antara lain:

1. Bergerak
2. Membutuhkan makanan
3. Berkembangbiak
4. Bernapas
5. Tumbuh

Cicak dan ikan sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Cicak dan ikan bertelur dengan jumlah yang banyak. Contoh ikan mas, seklai bertelur dapat menghasilkan lebih dari seribu butir telur.

Bisakah kamu menuliskan angka seribu dalam bentuk lambang bilangan? Yuk sekarang kita belajar membaca dan menuliskan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 ya!

MEMBACA BILANGAN

Jika suatu bialangan di belakang titik terdapat 3 angka maka dibaca "RIBU".

1.000 dibaca seribu
2.000 dibaca dua ribu
3.100 dibaca Tiga Ribu Seratus
3.172 dibaca Tiga Ribu Seratus Tujuh Puluh Dua

MENULIS BILANGAN

Dua Ribu Enam Ratus Tiga Puluh Lima ditulis 2.635
Tujuh Ribu Sembilan Ratus Satu ditulis 7.901
Sepuluh Ribu ditulis 10.000
Delapan Ribu Satu ditulis 8.001

MENGURUTKAN BILANGAN

Urutkan bilangan di bawah ini dari bilangan yang terkecil!
5.250; 3.250; 1.250; 2.250
Urutkan bilangan di atas dari yang terkecil yaitu 1.250; 2.250; 3.250; 5.250

Urutkan bilangan di bawah ini dari bilangan yang terbesar!
5.250; 3.250; 1.250; 2.250
Urutkan bilangan di atas dari yang terbesar yaitu 5.250; 3.250; 2.250; 1.250

Teman-teman juga dapat mendownload rangkuman materi kelas 3 SD tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) Subtema 1 (Ciri-ciri Makhluk Hidup) Pembelajaran 1 pada link download di bawah ini ya! Sebelum itu, teman-teman dapat membaca panduan downloadnya terlebih dahulu DI SINI !

DOWNLOAD SERVER 1

Atau

DOWNLOAD SERVER 2

Bagaimana mudah bukan belajar hari ini? Jangan lupa nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 2. Eits, jangan lupa pula untuk like, komen, share, dan subscribe channel youtube "SHEPTY IECHA", like FP "BELAJAR FLANEL DAN KERAJINAN BY SHEPTY IECHA", serta follow IG "shepty_iecha. Selamat belajar! Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Wassalamualaikum. :-)

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3: TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUBTEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP) PEMBELAJARAN 1

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *