MATERI KELAS 3: TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

MATERI KELAS III

TEMA 5: CUACA
SUBTEMA 2: PERUBAHAN CUACA
PEMBELAJARAN: 2


Assalamualaikum adek-adek. Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti luar biasa bukan? Tetap semangat ya belajarnya hari ini. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih diberikan kesehatan ya, sehingga hari ini kita bisa belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 2. Muatan pelajaran yang akan kita pelajari adalah bahasa Indonesia, PPKn, dan PJOK.

TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:

1. Mengapa sikap saling membantu itu penting?
Jawab: Sikap saling membantu itu penting karena dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

2. Apa manfaat dari sikap saling membantu?
Jawab: Manfaat dari sikap saling membantu adalah pekerjaan terasa ringan, pekerjaan menjadi cepat selesai, dan mempererat persaudaraan.

Bacalah teks tentang "Cuaca dan Kehidupan Manusia", temukan informasi pada teks tersebut!

CUACA DAN KEHIDUPAN MANUSIA

Saat cuaca cerah, kamu dapat membantu ibu menjemur pakaian basah. Matahari yang panas akan mengeringkan pakaian basah.

Begitu pula dengan perajin kerupuk. Saat cuaca cerah, mereka dapat menjemur kerupuk hingga kering. Kerupuk pun siap digoreng.

Saat cuaca berawan, kamu akan merasa nyaman bermain di lapangan bersama teman-teman. Kamu dapat bermain layangan, sepeda, dan sepak bola.

Saat cuaca mendung, kamu dapat mengajak temanmu bermain di teras rumah. Jika hujan, bantulah ibumu mengangkat jemuran. Hujan membuat petani senang karena sawah tidak akan kering.

Saat hujan deras terus menerus, kita harus waspada. Jika saluran air tersumbat, banjir dapat melanda lingkungan rumah kita. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan agar lingkungan kita menjadi nyaman.

Tuliskan informasi tentang kegiatan manusia berdasarkan teks di atas!

1. Cerah
✔️ menjemur pakaian
✔️ menjemur kerupuk
2. Berawan
✔️ bermain bersama teman-teman di lapangan.
3. Mendung
✔️ bermain bersama teman di teras rumah.
4. Hujan
✔️ membantu ibu mengangkat jemuran.

Nah, sekarang ayo kita coba melakukan aktivitas fisik ya. Ayo ikuti dengan baik ya.


A : Tangan direntangkan. Kaki kanan diangkat ke samping kira-kira setinggi betis. Lakukan gerakan ini hingga hitungan kedelapan. Turunkan kaki kanan.
B : Angkat kaki kiro setinggi betis. Tangan tetap direntangkan. Lakukan gerakan ini hingga hitungan kedelapan. Turunkan kaki kiri.


A : Lakukan gerakan 1A sambil berputar ke kanan. Saat berputar, tumit kaki tumpuan diangkat sedikit. Lakukan gerakan ini sebanyak 4x.
B : Lakukan gerakan 1B sambil berputar ke kiri. Saat berputar, tumit kaki tumpuan diangkat sedikit. Lakukan gerakan ini sebanyak 4x.


A : Angkat satu kaki. Bertumpulah pada kaki yang paling kuat. Tangan diangkat ke atas, lalu berputar ke kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 4x.
B : Angkat satu kaki. Bertumpulah pada kaki yang paling kuat. Tangan diangkat ke atas, lalu berputar ke kiri. Lakukan gerakan ini sebanyak 4x.

Alhamdulillah materi kelas 3 tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 telah usai. Kalian sangat luar biasa. Kita lanjutkan materi selanjutnya di postingan selanjutnya ya yaitu tema 5 subtema 2 pembelajaran 3. Terima kasih adek-adek kita sudah belajar bersama. Tetap semangat ya belajarnya. Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on MATERI KELAS 3: TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *