RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 1 (AKU ANGGOTA PRAMUKA) PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 1 (AKU ANGGOTA PRAMUKA) PEMBELAJARAN 2 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah pasti sehat bukan? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk membagikan rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 2. Sebelumnya teman-teman bisa belajar rangkuman materi kelas 3 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1. Oh ya, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini. 


Muatan pelajaran dalam materi kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 ini yaitu PJOK dengan materi lompat tongkat, PPKn yaitu tentang, dan bahasa Indonesia yaitu tentang mengidentifikasi lambang/simbol.

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 1 (AKU ANGGOTA PRAMUKA) PEMBELAJARAN 2:

Kegiatan dalam pramuka sangatlah menyenangkan. Dalam pramuka kita akan diajak untuk bermain sambil belajar. Alat yang bisa digunakan untuk bermain dalam kegiatan pramuka adalah tongkat. Dengan menggunakan tongkat kita dapat bermain beberapa macam permainan tradisional salah satunya adalah lompat tongkat. 

Sebelum melakukan permainan lompat tongkat, sebaiknya kita lakukan latihan keseimbangan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Cara melatih keseimbangan tubuh yaitu:
1. Berdiri tegak. 
2. Angkat kaki kiri. 
3. Berdiri dengan satu kaki. Jaga keseimbangan tubuhmu! 
4. Bertahanlah hingga hitungan kesepuluh. 
5. Angkat kaki kanan. 
6. Berdiri dengan satu kaki. Jaga keseimbangan tubuhmu! 
7. Bertahanlah hingga hitungan kesepuluh. 

Setelah itu, lompatlah menggunakan satu kaki. Lakukan dengan kaki kiri dan kanan secara bergantian. 

Berdiri dengan satu kaki merupakan latihan keseimbangan. Melatih keseimbangan tubuh berguna agar tubuh tidak mudah jatuh sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat. 

Bacalah teks tentang lambang negara berikut ini. 

Sumber: Buku Siswa Kelas 3 Tema 8
Sumber: Buku Siswa Kelas 3 Tema 8

Setelah membaca teka di atas, selanjutnya kita kerjakan peta pikiran di bawah ini! 


Kita bahas satu-persatu dari peta pikiran di atas ya, ingat kita dapat mengerjakan peta pikiran tersebut setelah membaca teks. Berdasarkan teks di atas diperoleh: 

- Lambang negara Indonesia adalah burubg Garuda. 
- Menurutmu, mengapa dipilih Burung Garuda sebagai lambang negara? Karena burung Garuda lambang dari kebesaran dan kekuatan. 
- Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah berbentuk jantung. 
- Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda adalah Bhineka Tunggal Ika. 

Bendera merah putih, Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Lambang-lambang tersebut harus dijaga. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan. 

Tahukah kalian 5 tempat dimana kalian bisa menemukan lambang negara Indonesia? 
Lambang negara Indonesia biasanya dipasang di ruang kelas, balai desa, ruang guru, ruang kepala sekolah, kantor kecamatan, ruang organisasi perangkat daerah, dll. 

Demikianlah postingan tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 2. Setelah teman-teman memahami materi ini kalian dapat mencoba menjawab soal yang telah kami sediakan di kumpulan soal untuk kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 2. Nantikan postingan tentang materi selanjutnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Jangan lupa untuk like, komen, share, subscribe, dan follow akun medsos admin Shepty IeCha Blog di:


Semoga postingan tentang rangkuman materi kelas 3 SD tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih. Mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamualaikum. 
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD TEMA 8 (PRAJA MUDA KARANA) SUBTEMA 1 (AKU ANGGOTA PRAMUKA) PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *