RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 2

Shepty IeCha | Follow @shepty_iecha

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 4 (Kewajiban dan Hakku) Subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) Pembelajaran 2 - Assalamualaikum Sahabat Shepty IeCha Blog! Pada postingan kali ini akan dibahas rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 2. Jangan lupa untuk mempelajari terlebih dahulu materi sebelumnya yaitu rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 1. Muatan pelajaran yang akan dipelajari adalah Bahasa Indonesia, PPKn dan PJOK. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tentang Menemukan Kalimat Saran dalam Bacaan, materi PPKn yaitu tentang Kewajiban dan Hak Anak di Sekolah, sedangkan materi PJOK yaitu tentang Kegiatan di Waktu Luang.

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 2:

Bahasa Indonesia

Menemukan Kalimat Saran dalam Bacaan

Untuk dapat menemukan kalimat saran dalam sebuah teks, maka kalian harus membaca teks tersebut dengan seksama. Bacalah teks berulang-ulang sehingga kalian mengerti isi dari teks. Jika kalian sudah memahami isi teks maka kalian dapat dengan mudah menemukan kalimat saran yang terdapat dalam teks. 

Sekarang ayo kita berlatih untuk menemukan kalimat saran dalam teks "Sekolah yang Rapi dan Indah"! Bacalah teks tersebut dengan seksama!


Kalimat-kalimat saran yang terdapat pada teks "Sekolah yang Indah dan Rapi" antara lain:
1. Semua siswa harus bekerja sama agar sekolahnya indah dan rapi.
2. Pohon-pohon yang ada harus dirawat bersama.
3. Siswa harus dapat membuat taman kelas.
4. Kelas juga harus bersih dan rapi.
5. Papan tulis harus selalu bersih.

PPKn

Kewajiban dan Hak Anak di Sekolah

Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kewajiban? Apa pula yang dimaksud dengan hak? Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan, sedangkan hak adalah sesuatu yang kita terima setelah melaksanakan kewajiban. Ingat, kewajiban dan hak harus berjalan dengan seimbang.

Kewajiban anak di sekolah:
1. Mematuhi tata tertib sekolah.
2. Menjaga fasilitas yang ada di sekolah.
3. Menghormati guru.
4. Menjaga kebersihan sekolah.
5. Memakai seragam sesuai dengan jadwal.

Hak anak di sekolah:
1. Mendapatkan kasih sayang.
2. Mendapatkan perlindungan.
3. Mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetauan.
4. Menggunakan fasilitas sekolah dengan nyaman.
5. Mendapatkan penghargaan.

PJOK

Kegiatan di Waktu Luang

Waktu luang adalah waktu dimana kita tidak sibuk jadi bebas untuk melakukan kegiatan apapun. Waktu luang bisa kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti bersepeda, membaca buku, membantu ibu memasak, menyiram tanaman, berenang, dll. Melakukan kegiatan tersebut di waktu luang memiliki banyak manfaat seperti membuat tubuh sehat karena aktif bergerak.


Demikianlah rangkuman materi kelas 3 SD tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) pembelajaran 2. Nantikan postingan selanjutnya yaitu tentang rangkuman materi kelas 3 tema 4 (Kewajiban dan Hakku) subtema 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah) pembelajaran 3. Jangan lupa untuk like, komen, share dan subscribe channel Youtube "SHEPTY IECHA" dan follow IG "shepty_iecha". Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.  Wassalamualaikum.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar on RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU) SUBTEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH) PEMBELAJARAN 2

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *